Analisis komparatif teori kebenaran : Korespondensi, koherensi, dan pragmatisme dalam validitas pengetahuan kontemporer di era digital
Main Article Content
Abstract
Munculnya teknologi digital telah mengubah bagaimana pengetahuan diproduksi, divalidasi, dan disebarluaskan, sehingga menghadirkan tantangan epistemologis baru seperti disinformasi dan bias algoritmik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis komparatif terhadap tiga teori klasik tentang kebenaran-korespondensi, koherensi, dan pragmatisme-dalam mengevaluasi validitas pengetahuan di era digital. Dengan menggunakan metode tinjauan literatur kualitatif-deskriptif dan komparatif, penelitian ini mengungkapkan bahwa setiap teori memiliki kekuatan dan keterbatasan yang berbeda, dan tidak ada satu teori pun yang cukup untuk mengatasi kompleksitas informasi digital. Sebagai kontribusinya, penelitian ini mengusulkan pendekatan integratif yang menggabungkan elemen-elemen dari ketiga teori tersebut sebagai kerangka kerja konseptual untuk evaluasi literasi digital. Implikasinya menyoroti kebutuhan mendesak untuk memperbarui teori kebenaran agar selaras dengan karakteristik informasi digital, di samping pentingnya memperkuat literasi digital yang menekankan objektivitas, rasionalitas, dan relevansi praktis dalam menilai informasi kontemporer.
Article Details
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
How to Cite
References
Audrian, D. (2022). Teori Kebenaran: Koherensi, Korespondensi, Pragmatisme dan Huduri. Jurnal Pendidikan: Seroja, 1(2).
Efendi, T., Fatimah, S., & Fitrisia, A. (2024). Pemahaman kebenaran ilmiah: definisi, teori, dan karakteristiknya. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 7(1), 411–422.
Faradi, A. A. (2019). Teori-Teori Kebenaran Dalam Filsafat (Urgensi Dan Signifikasinya Dalam Upaya Pemberantasan Hoaxs). Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 7(1), 97–114.
Hadi, K., Abrar, R. W., Alvionita, I., & Ulfa, M. (2025). Mengaplikasikan Konsep Kriteria Kebenaran Koherensi, Korespomdensi dan Paragmatis dalam Menyusun Tesis. Education Achievement: Journal of Science and Research, 324–330.
Khairanis, R., & Aldi, M. (2024). Relevansi Filsafat Ilmu di Era Revolusi Industri 5.0: Sebuah Analisis Fenomenologis. CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 87–97.
Kurniawaty, I., Hadian, V. A., & Faiz, A. (2022). Membangun Nalar Kritis di Era Digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3683–3690. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2715
Nurhayati, P. (2025). Indonesian Journal of Science , Filsafat Ilmu Dalam Era Digital : Analisis Epistemologis Dan Etis. 2(3), 254–260.
Padli, Ms., & Mustofa, Ml. (2021). Kebenaran Dalam Perspektif Filsafat Serta Aktualisasinya Dalam Men-Screening Berita. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 78–88.
Pratama, A. S., Sari, S. M., Hj, M. F., Badwi, M., & Anshori, M. I. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence, Big data dan otomatisasi terhadap kinerja SDM di Era digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 108–123. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i4.2739
Pratiwi, D. O. W. (2025). Penerapan Teori Kebenaran Filsafat dalam Strategi Pemberantasan Hoaks di Era Digital. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 3(1), 32–38.
Putri, N. M., Listiawati, W., & Rachman, I. F. (2024). Pengaruh literasi digital terhadap pemberdayaan masyarakat dalam konteks sdgs 2030. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 349–360.
Ridho, M. N., Azzahra, F., Fadollah, I., & Srilestari. (2025). Filsafat Pragmatisme dalam Pendidikan: Analisis Konseptual dan Implementasi dalam Praktik Pembelajaran Modern. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 933–941. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3094
Sahabuddin. (2024). Jurnal Revolusi Digital dan Implikasinya. Jurnal Pemikiran Dan Kajian Pendidikan, 8(12), 31–36.
Suardi, S. (2025). Meningkatkan Kredibilitas Media di Indonesia dalam Era Disrupsi Informasi: Strategi Menghadapi Misinformasi Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 10(1), 249–258.
Wardhani, A. K., Nugraha, E., & Ulfiana, Q. (2022). Analisis Literasi Digital Hoax Terkait COVID-19 Pada Masyarakat Kabupaten Kudus Periode Juni 2022. PREPOTIF: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 2633–2639.