Koneksi matematika dalam proses penyelesaian soal cerita materi FPB dan KPK siswa kelas IV SD
Main Article Content
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran utama yang wajib diajarkan kepada siswa mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Namun masih banyak siswa yang menghindari pembelajaran matematika, karena menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, serius, dan hanya berisi kumpulan rumus dan sarat konsep. Pemahaman konsep yang salah akan mempengaruhi pemahaman konsep yang lain, karena konsep-konsep tersebut saling berkaitan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang berjudul Hubungan Matematika dalam Proses Penyelesaian Soal Cerita untuk materi Faktor Persekutuan Tertinggi (HFC) dan Kelipatan Persekutuan Terendah (KPK) untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa menghubungkan soal cerita dari materi Faktor Persekutuan Tertinggi (HFC) dan Kelipatan Persekutuan Terendah (KPK) ke dalam konsep matematika.