Peran pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap peningkatan pemahaman materi PKn pada siswa kelas V di SDN Gogodeso 02

Main Article Content

Surayanah Surayanah
Hesti Rahmadani
Khurun Lailatus Salma Salsabilla
Lailatul Nur Abidah Setyaningrum
Melvina Khahanaya Putri

Abstract

Pemahaman siswa sekolah dasar akan pembelajaran PKn masih menjadi tantangan bagi guru. Kurangnya minat siswa dalam belajar membutuhkan suatu pendekatan yang dapat mendorong kembali semangat dan mempermudah pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan contextual teaching and learning dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Gogodeso 02 pada pembelajaran PKn. Artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara langsung, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilaksanakan di kelas V SDN Gogodeso 02 melalui cara pengamatan secara langsung saat proses pembelajaran PKn dengan pendekatan CTL. Hasil dari observasi yang kami lakukan menunjukkan bahwa 10 dari 17 siswa kelas V SDN Gogodeso 02 memiliki tingkat pemahaman terhadap pembelajaran PKn yang menggunakan pendekatan CTL yang baik. Dalam penerapan pendekatan CTL guru juga mengalami tantangan dan memiliki alternatif solusi yang digunakan pada kelas V SDN Gogodeso 02. 

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Peran pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap peningkatan pemahaman materi PKn pada siswa kelas V di SDN Gogodeso 02. (2025). Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.55904/nautical.v4i2.1529

References

Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316

Af’idah, I. N., & Ma’rufah, M. (2022). Penilaian Pembelajaran Tematik Berbasis Portofolio Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 171–182. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.469

Alawiyah, H. S., & Kanda. S, A. S. (2024). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 5(2), 33–40. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v5i2.1081

Artini, N. M. (2022). Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa SD Negeri 3 Lemukih Singaraja. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(3), 409–417. https://doi.org/10.5281/zenodo.7367614

Betu, F. S. (2024). Pentingnya Keterampilan Bertanya Peserta Didik: Kompetensi Penting Dalam Kurikulum Merdeka. Atma Reksa: Jurnal Pastoral Dan Kataketik, 8(2), 1–16.

Darani, D., Nyanasuryanadi, P., & Prasetyo, E. (2023). Kreativitas guru dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa Sekolah Minggu Buddha Dharma Loka. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 9(2), 122–133.

Daud, R. M. (2024). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Kompetensi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 94–107. https://doi.org/10.22373/jk.v1i2.27757

Fadila, N., & Zakiyah, Z. (2021). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Baturraden. Alhamra Jurnal Studi Islam, 1(2), 134. https://doi.org/10.30595/ajsi.v1i2.10132

Fau, J. F., Mendrofa, K. J., Wau, M., & Waruwu, Y. (2023). Pendidikan Jendela Dunia. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 69–77. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v4i2.1350

Fawaz, A., & Farhurohman, O. (2022). Penggunaan Metode Cotextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PPKn Di SDN BABADSARI 1. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 175–179. https://jurnal.educ3.org/index.php

Harahap, J. Y., Hayati, R., & Yarshal, D. (2021). Pengaruh self efficacy dalam belajar pada mahasiswa melalui model pembelajaran diskusi kelompok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7828–7833.

Hidayat, D. F. (2022). Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), 141–156. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.300

Hipjiah, S., Cholillah, D., Fuaedi, G., & Hidayani, S. (2024). Komponen, Manfaat, dan Implementasi Learning Community dalam Pendidikan. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 7583–7590.

Huda, K. (2023). Penggunaan Contextual Teaching and Learning pada Mata Kuliah Reading bagi Peserta Didik Pendidikan Bahasa Inggris. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 7(01), 113–132.

Jannah, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Manfaat Kenampakan Alam Serta Ciri-Ciri Sosial Budaya Daerah Setempat di Kelas IV SD Negeri 8 Kutablang. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 9(2), 34–39.

Julia, C. (2023). Studi Meta Analisis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. UIN Raden Intan Lampung.

Khoirunnisa, F., Sabekti, A. W., & Yulita, I. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis Ilmiah Berbantukan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Guru-Guru SMA/Sederajat Di Kabupaten Bintan. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2697

Machpud, M. (2022). Pendekatan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sbk Kelas Vi Semester 2. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 240–248. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1343

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188

Mellysa, P. N., Pratama, A., Azzahra, M., & Nasution, T. (2021). Peran Guru Terhadap Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Selama Pembelajaran Jauh Di Tengah Covid-19 Di Mtsn Binjai. Jurma: Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 5(1), 123–129.

Mulyawati, Y. M. (2021). Pentingnya keterampilan guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i2.1317

Mumtahana, L., Ikmal, H., & Sari, A. A. (2022). Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lempar Dadu Dan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31538/cjotl.v2i1.188

Nurhaliza, N., & Lingga, L. J. (2024). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Kelas IV Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka di SDN 17 Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16810–16817.

Nursehah, U., Wijaya, S., & Sopia, S. (2021). Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(2), 181–190. https://doi.org/10.32678/primary.v13i2.4699

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. sari. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Bioedukasi, 4(6), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Rahma, R. O., Rahmawati, V., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh kejenuhan terhadap konsentrasi belajar dan cara mengatasinya pada peserta didik di sdn 1 pandan. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(2), 242–250. https://doi.org/10.52802/pancar.v6i2.474

Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952

Sambonu, A. Y., & Hardi, O. S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Pemahaman dan Minat Belajar di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember), 5033–5044. https://doi.org/10.58230/27454312.1247

Sarifah, A. A. (2022). Penggunaan Metode Role Playing pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(6), 1439–1443. https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84780

Sitepu, T. E., Perangin-angin, R. B. B., & Nasriah, N. (2023). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 213–223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4248

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantatif, Kualitatif dan R&D) (27th ed.). Alfabeta.

Unaenah, E., Syariah, E. N., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Novyanti, A., & Nupus, F. S. (2020). Analisis pemahaman siswa dalam operasi hitung penjumlahan bilangan bulat menggunakan garis bilangan. NUSANTARA, 2(2), 296–310. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.826

Wowor, E. C., Tumewu, W. A., & Mokalu, Y. B. (2022). Implementasi Repetitive Method Melalui Kegiatan Refleksi Dalam Pembelajaran. SOSCIED, 5(2), 272–279. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v5i2.545

Zai, F. S. I., & Mulyono, Y. S. (2022). Pentingnya Metode Pembelajaran Bagi Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Metanoia, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.55962/metanoia.v4i1.58