Studi tafsir tematik: Pengasuhan Qur’ani untuk menanamkan kepedulian lingkungan pada ana

Main Article Content

Salma Nurul Azizah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pengasuhan Qur’ani dalam menanamkan kepedulian lingkungan pada anak berdasarkan surah Al-Baqarah: 164 dan surah Al-An’am: 141, serta mengidentifikasi metode pengasuhan berbasis nilai Qur’ani yang efektif dalam membentuk karakter anak yang peduli terhadap lingkungan. Metode yang digunakan adalah tafsir tematik, yang bertujuan untuk mengidentifikasi ayat-ayat yang berkaitan dengan tanggung jawab manusia terhadap alam dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diterapkan dalam pengasuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuhan Qur’ani dapat membentuk sikap peduli lingkungan pada anak melalui kesadaran orang tua, tazkiyah an-nafs (penyucian jiwa), keteladanan, pembiasaan dan komunikasi. Orang tua, sebagai teladan utama, memiliki peran penting dalam mengajarkan anak untuk menjaga alam, memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana, dan bertanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi nilai-nilai ekologis dalam pengasuhan Qur’ani untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas intelektual, tetapi juga peduli terhadap pelestarian alam sebagai bagian dari tanggung jawab spiritual mereka.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Studi tafsir tematik: Pengasuhan Qur’ani untuk menanamkan kepedulian lingkungan pada ana. (2025). Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.55904/nautical.v4i3.1697

References

Adeyola, A. P., Septriani, T., & Haryati, A. (2024). Analisis Pola Asuh Strict Parents Terhadap Anak Remaja di Lingkungan Keluarga. DAWUH: Islamic Communication Journal, 5(1), 27–35.

Afifatul, K. N. (2024). Dampak Pola Asuh Strict Parents Terhadap Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus Desa Sokosari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban).

Agustina Fransisca. (2024). Pola Asuh Otoriter Terhadap Anak Ditinjau Dari Psikologi Hukum Keluarga Islam Dan Maqaṣid Al-Shari’ah (Studi Kasus di Desa Jongbiru Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri). STAIN Kediri.

Al-Dimashqi, A. al-F. I. bin U. bin K. al-Q. (2012). Tafsir al-Qur’an al-‘Azim. Dar Ibn Hazm.

Al Qahtani, N., Souad, M., & Ramdane, T. (2021). مفهوم المراهقة في الاسلام: دراسة تحليلية: The Concept of Adolescence in Islam: An Analytical Study. AL-HIKMAH: INTERNATIONAL JOURNAL OF ISLAMIC STUDIES AND HUMAN SCIENCES, 4(3), 166–183.

Al Syaifullah, S., Nasution, N. U., & Sinaga, N. S. (2021). Relevansi Manajemen Kesiswaan Guna Menopang Kelembagaan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1420–1428.

Almira, B. T., & Arzaq, M. (2024). Nikmat Dari Allah Untuk Hamba-Nya Yang Pandai Bersyukur. Jurnal Teologi, 1(3), 41–48.

Anam, M. S., Yulianti, W., Safitri, S. N., Qolifah, S. N., & Rosia, R. (2021). Konservasi sumber daya alam dalam perspektif Islam. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(1), 26–37.

Debby, I. A. (2023). Dampak Strict Parents Terhadap Hubungan Anak Dengan Orang Tua Perspektif Hukum Islam (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung).

Fajri, M. (2022). Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Di Era Digital: Analisis Quranic Parenting Terhadap QS Yusuf [12]: 4-6. Jurnal Mafatih: Jurnal Ilmu AlQuràn Dan Tafsir, 2, 71–85.

Fattah, M., & Ardila, S. (2024). The Life of Hedonism from the Perspective of Al-Tabari and Sayyid Muhammad Rashid Rida (Comparative Study of Tafsir Surah Ali Imran: 14). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 7(2), 419–433.

Firmansyah, A., Meparinda, R., Zuriatti, N. N., Ningsih, D. R., & Madani, M. I. (2023). Pengaruh Pola Asuh Islami Terhadap Perkembangan Anak. Journal of Communication and Social Sciences, 1(2), 52–65.

Kamal, M., & Sassi, K. (2024). Teori Qur’anic Parenting: Prinsip Pengasuhan Anak Berbasis Al Qur’an. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 9689–9708.

Khomaeny, E. F. F., & ThI, S. (2023). Holistic Transcendent Parenting. EDU PUBLISHER.

Ma’arif, S., & Syafi’i, I. (2017). Aktualisasi Pola Pengasuhan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Era Digital Perspektif Al-Quran: Pendekatan Tafsir Tematik. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an, 3(2), 71–94.

Nasaruddin, N., & Mubarak, F. (2022). Metode pengajaran dalam perspektif Al-Quran (Tinjauan QS An-Nahl Ayat 125). Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(2), 135–148.

Nashih’Ulwan, A. (2012). Pendidikan anak dalam Islam. Penerbit Insan Kamil Solo.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis jenis komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29–37.

Pratiwi, Y. (2021). Realisasi Surah Luqman Dalam Pembetukan Akhlakul Kharimah Pada Anak Usia Dasar. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 40–51.

Qardlawi, M. Y. (2023). Prinsip berinteraksi dengan lingkungan dalam perspektif al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Studi Ilmu Quran Dan Hadis (SIQAH), 1(1), 81–94.

Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara.

Sholichah, A. S. (2022). AL-QUR’AN DAN METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PRABALIG (Analisis Pola Asuh Orang Tua Melalui Metode Pendidikan Karakter Anak Pra Balig Perspektif Al-Quran). Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran Dan Keislaman, 6(1), 32–51.

Tsauri, M. N. (2019). Pesan Moral Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Alquran: Analisis Metode Tafsir Tematik. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 2(2), 125–144.

Yusuf, A., Nihayati, H. E., Iswari, M. F., & Okviansanti, F. (2016). Kebutuhan spiritual: konsep dan aplikasi dalam asuhan keperawatan. In Buku Referensi (pp. 1–316). Mitra Wacana Media.