The impact of social support on stress management for students at UIN Syarif Hidayatullah Jakarta during the covid-19 pandemic
Main Article Content
Abstract
Pandemi Covid-19 melanda dunia selama setahun, penelitian di China menunjukkan bahwa penyakit tersebut meningkatkan tekanan psikologis di kalangan remaja dan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, seperti kecemasan akan kemunduran akademik, efek ekonomi, dan dampak pada kehidupan sehari-hari mereka. Namun, studi lebih lanjut yang meneliti dampak penyakit pada kesehatan mental mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah diperlukan. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis tentang strategi coping, dukungan sosial, dan tekanan psikologis pada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga merupakan episentrum Covid-19 di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang mahasiswa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling yang telah memenuhi kriteria sampel. Data diambil menggunakan kuesioner yang berisi item, coping stress dan dukungan sosial. Menurut hasil, strategi coping dan peningkatan dukungan sosial secara signifikan berkorelasi dengan penurunan tekanan psikologis dan dapat berfungsi sebagai dasar untuk intervensi yang difokuskan untuk menemukan wawasan tentang kinerja belajar mandiri, peran dukungan sosial dalam pembelajaran online, dan dukungan sosial terhadap kinerja belajar mandiri di perguruan tinggi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Grubic, N., Badovinac, S., & Johri, A. M. (2020). Student mental health in the midst of the COVID-19 pandemic: A call for further research and immediate solutions. The International Journal of Social Psychiatry, 66, 517–518. https://doi.org/10.1177/0020764020925108
Gunawan, H., Anggraeni, I., & Nurrachman, A. (2021). Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan kesehatan mental mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(2), 282–295. https://doi.org/https://doi.org/10.22487/preventif.v12i2.283
Mohammed, A., Sheikh, T. L., Gidado, S., Poggensee, G., Nguku, P., Olayinka, A., Ohuabunwo, C., Waziri, N., Shuaib, F., Adeyemi, J., Uzoma, O., Ahmed, A., Doherty, F., Nyanti, S. B., Nzuki, C. K., Nasidi, A., Oyemakinde, A., Oguntimehin, O., Abdus-salam,
I. A., & Obiako, R. O. (2015). An evaluation of psychological distress and social support of survivors and contacts of Ebola virus disease infection and their relatives in Lagos, Nigeria: a cross sectional study − 2014. BMC Public Health, 15, 824. https://doi.org/10.1186/s12889-015-2167-6
Ramadanti, R., & Herdi, H. (2021). Hubungan antara Resiliensi dan Dukungan Sosial dengan Stress Akademik Mahasiswa Baru di Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Isight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 10(2), 150–163. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/INSIGHT.102.07
Taufiqy, A. (2021). Kesehatan Mental Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Masa Pandemi COVID-19. Arteri: Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(4), 113–120. https://doi.org/https://doi.org/10.37148/arteri.v2i4.184
Tirto, A. R., & Turnip, S. S. (2019). The accuracy of Hopkins Symptom Checklist – 25 (HSCL-25) depression subscales (Indonesian version) on adolescents. Humanitas: Indonesian Psychological Journal, 16, 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v16i1.10143