Inovasi bahan ajar kimia pemisahan berbasis proyek pada materi kromatografi pertukaran ion

Main Article Content

Mita Mahrani

Abstract

Penerapan inovasi bahan ajar berbasis proyek diperlukan untuk membekali siswa menjadi pembelajar yang mandiri dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan analisis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan bahan ajar inovatif berbasis proyek untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dalam meningkatkan hasil belajar kimia pemisahan pada materi kromatografi pertukaran ion. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dan standarisasi bahan ajar inovatif yang dilaksanakan pada tahun 2021/2022. Pada tahap implementasi digunakan desain penelitian dengan memberikan pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis yang digunakan analisis deksriptif, uji normalistas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu belajar ajar inovatif merupakan bahan ajar yang telah layak dengan memadukan media pembelajaran interaktif dan kegiatan proyek video dalam sebuah e-modul, sehingga memudahkan siswa untuk belajar dimana saja. Dibandingkan hasil belajar kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, prestasi belajar kelas eksperimen menggunakan bahan ajar berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Paket pembelajaran inovatif ditemukan efektif dalam membimbing siswa belajar kimia pemisahan materi kromatografi pertukaran ion secara mandiri.

Article Details

How to Cite
Mahrani, M. . (2022). Inovasi bahan ajar kimia pemisahan berbasis proyek pada materi kromatografi pertukaran ion. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(5), 345–351. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i5.202
Section
Articles