Pengaruh influencer marketing terhadap kinerja pemasaran
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara influencer marketing
terhadap kinerja pemasaran dengan studi kasus di Yoqueen Beauty. Pada penelitian ini variabel
bebas atau variabel yang mempengaruhinya adalah influencer marketing, sedangkan untuk
variabel terikat atau variabel yang dipengaruhinya adalah kinerja pemasaran. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif, dimana populasi yang digunakan yaitu pelanggan dari Yoqueen
Beauty dengan jumlah 1.130 pelanggan. Kemudian sampel yang digunakan pada penelitian ini
yaitu dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% sehingga diketahui jumlah
sampel pada penelitian ini yaitu 92 sampel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan metode simple random sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang
diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Kemudian untuk metode analisis yang digunakan adalah
analisis regresi linear sederhana berganda, korelasi, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi.
Untuk pengujian kualitas instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas. Hasil analisis
regresi menunjukan bahwa influencer marketing memberikan pengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja pemasaran dan hubungan antara influencer marketing dengan kinerja pemasaran
menunjukan kategori kuat. Berdasarkan hasil pengujian parsial (uji t) antara influencer marketing
dengan kinerja pemasaran menunjukan bahwa thitung ≥ ttabel atau 11,498 ≥ 1,660. Hal ini berarti
bahwa influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Sehingga H0 ditolak dan H1 yang menyatakan bahwa influencer marketing berpengaruh positif
terhadap kinerja pemasaran di terima.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Martalina, D. S., Situmorang, M., & Sudrajat, A. (2018, December). The development of innovative learning material with integration of project and multimedia for the teaching of gravimetry. In 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018) (pp. 735-740). Atlantis Press.
Nainggolan, B., Hutabarat, W., Situmorang, M., & Sitorus, M. (2020). Developing Innovative Chemistry Laboratory Workbook Integrated with Project-Based Learning and Character-Based Chemistry. International Journal of Instruction, 13(3), 895-908.
Pakpahan, D. N., Situmorang, M., Sitorus, M., & Silaban, S. (2021). The development of project-based innovative learning resources for teaching organic analytical chemistry. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 59, 782-788.
Purba, J., Situmorang, M., & Silaban, R. (2019). The development and implementation of innovative learning resource with guided projects for the teaching of carboxylic acid topic. Indian J of Pharmaceutical Education and Research, 53(4), 603-612.
Rizki, R., Hernando, H., Situmorang, M., & Tarigan, S. (2020). The Development Of Innovative Learning Material With Project And Multimedia For Redox Titration. PervasiveHealth: Pervasive Computing Technologies for Healthcare, 1, 385-393.
Samosir, R. A., Bukit, J., Situmorang, M., & Simorangkir, M. (2020). Implementation Of Innovative Learning Material With Project To Improve Students Performance In The Teaching Of Complexometric Titration. PervasiveHealth: Pervasive Computing Technologies for Healthcare, 1, 375-384.
Sary, S. P., Tarigan, S., & Situmorang, M. (2018). Development of innovative learning material with multimedia to increase student achievement and motivation in teaching acid base titration. Advances in Social Science. Education and Humanities Research, 200, 422-425.
Situmorang, M., Sinaga, M., Sitorus, M., & Sudrajat, A. (2022). Implementation of Project-based Learning Innovation to Develop Students’ Critical Thinking Skills as a Strategy to Achieve Analytical Chemistry Competencies. chemistry, 15, 16.
Situmorang, M., Sinaga, M., Purba, J., Daulay, S. I., Simorangkir, M., Sitorus, M., & Sudrajat, A. (2018). Implementation of innovative chemistry learning material with guided tasks to improve students’ competence. Journal of Baltic Science Education, 17(4), 535.
Sutiani, A. (2021). Implementation of an inquiry learning model with science literacy to improve student critical thinking skills. International Journal of Instruction, 14(2), 117-138
Wardani, D. S., Fauzi, M. R., Zafira, R., & Kurniawati, D. (2020). Creating Props: Improving Writing Skills of Teaching Materials of Elementary Teacher Education Students through Project-Based Learning Model. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar), 7(2), 216-234.