Pengaruh aplikasi dompet digital terhadap transaksi dimasa kini
Main Article Content
Abstract
Uang elektronik (e-money) merupakan salah satu produk finansial digital. E-money dianggap sebagai alternatif pembayaran non tunai yang lebih efektif. Uang elektronik umumnya disimpan dalam dompet digital demi kemudahan akses. Dengan adanya dompet digital yang sedang trend saat ini yang menawarkan manfaat, kemudahan dan keefektifan dalam transaksi pembayaran masyarakat akan lebih mudah membelanjakan uangnya sehingga akan mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat. Tujuan penelitian ini meliputi 1) mengetahui manfaat dompet digital terhadap transaksi retail masyarakat dilihat dari kenaikan pemesanan transportasi online, pemesanan makanan online, dan transaksi e-commerce. 2) Untuk mengetahui apakah dompet digital mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat dilihat dari kenaikan transaksinya. 3) Untuk mengetahui apakah dompet digital memiliki pengaruh terhadap gaya hidup masyarakat. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dimana sampelnya adalah 60 pengguna Dompet digital OVO dan Go-Pay dari hasil sebar kuisioner kepada masyarakat maupun mahasiswa Ikopin University. Hasil yang dicapai adalah dompet digital memiliki pengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumtif masyarakat. Dompet digital yang mudah, aman dan efisien serta inovatif membuat transaksi retail mahasiswa meningkat terutama untuk transaksi retail yaitu transportasi online, pemesanan makanan dan transaksi e-commerce.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Rembulan, Nada Diva Rizki, and Egi Arvian Firmansyah. "Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital." Valid: Jurnal Ilmiah 17.2 (2020): 111-128.
Kumala, Irna, and Intan Mutia. "Pemanfaatan Aplikasi Dompet Digital Terhadap Transaksi Retail Mahasiswa." Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi). Vol. 4. No. 1. 2020.
Rakhmanita, A., & Anggarini, D. T. (2020). Dampak Transaksi Pembayaran Go-Pay Bagi Peningkatan Penjualan Pedagang Kecil Menengah Di Pasar Modern Bsd. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4(2), 124-128.
Aulia, Sisca. "Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital." Jurnal Komunikasi 12.2 (2020): 311-324.
Badri, Muhammad. "Adopsi inovasi aplikasi dompet digital di kota Pekanbaru." Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8.1 (2020): 120-127.
Sulistyowati, Rini, Loria Sara Paais, and Rifana Rina. "Persepsi konsumen terhadap penggunaan dompet digital." ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 4.1 (2020): 17-34.
Situmorang, Maria Kristina. "Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Dompet Digital) Sebagai Alat Pembayaran Pada Masa Pandemi Covid–19 di Kota Medan." Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 4.1 (2021): 123-130.
Effendy, Femmy. "Pengaruh Perceived Of Benefit Terhadap Niat Untuk Menggunakan Layanan Dompet Digital Di Kalangan Milenial." Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi 15.2 (2020): 44-54.
Achiriani, Maharani Puspa Ayu, and Imanuddin Hasbi. "Pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Perceived Risk, Perceived Cost Terhadap Behavioral Intention Pada Pengguna Dompet Digital Dana Di Indonesia." eProceedings of Management 8.1 (2021).
PRATIWI, Dwi Septia; NURYANA, I. Kadek Dwi. Analisis Tingkat Penerimaan dan Kepercayaan Pengguna Teknologi Terhadap Penggunaan Dompet Digital DANA. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2021, 2.4: 76-84.
Maulana, Lucky Hikmat, and Titiek Tjahja Andari. "Pengaruh Diferensiasi Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dompet Digital Dana Pada Pengguna Aplikasi Dana Di Kota Bogor: Diferensiasi; Promosi
Penjualan; Keputusan Pembelian." Jurnal Visionida 8.1 (2022): 84-99.
Juni Wulandari, Jesica. "Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Kemanfaatan Terhadap Perilaku Konsumen Untuk Minat Menggunakan Dompet Digital (Studi Pada Konsumen Starbucks Cabang Gambir)." Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Kemanfaatan Terhadap Perilaku Konsumen Untuk Minat Menggunakan Dompet Digital (Studi Pada Konsumen Starbucks Cabang Gambir) (2020).