Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Sop Petir Iga Sapi Legok
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada sop petir iga sapi legok. Analisis regresi berganda digunakan dalam pengujian ini. Strategi purposive sampling digunakan untuk 100 responden di antara konsumen sop petir iga sapi legok dalam penelitian ini. Responden yang pernah berkunjung minimal dua kali masuk dalam kelompok purposive sampling. Dengan menggunakan uji asumsi klasik, tentukan dampak kualitas produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan. Hasil penelitian ini menyatakan ada pengaruh signifikan ketiga variabel terhadap kepuasan pelanggan pada sop petir iga sapi legok. Sedangkan uji f menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas produk, persepsi harga dan kualitas pelayanan secara silmultan terhadap kepuasan pelanggan di sop petir iga sapi legok.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
A. Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and L. L. B. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada.
Budiarsih, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut di Kota Kediri. Simki - Economic, 01(09), 0–11.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa. CV Budi Utama. Firmansyah, A. (2018). Perilaku konsumen: Sikap dan pemasaran.
Genta, F. K. (2020). Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Koperasi Secara Komprehensif.
Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 53–60.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Witomo Press.
Irwana, H. (2003). Indonesia Customer Satisfactian. PT.Elex Media Komputindo.
Karyani, T., Djuwendah, E., & Supriyadi, E. (2018). Comparison of Value-Added Analysis of Coffee Processing with Different Market Orientations:(Case Study on Cooperative of Producer Coffee Margamulya). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 166(1), 12047.
Kotler, Philip dan Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12,). Erlangga.
Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, O. M. (2018). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.
Kurniadi, A., & Hadibrata, B. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Great Indonesia. Swot, VII(2), 345–357.
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Graha Ilmu. Marsum. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. ANDI.
Montung, P., Sepang, J., & Decky Adare. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 678–689.
Nainggolan, L. P., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman
Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Stove Syndicate Cafe di Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science Tahun, 1–11.
Pane, D. N., Fikri, M. EL, & Ritonga, H. M. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medani. Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Priyatno, D. (2018). SPSS panduan mudah olah data bagi mahasiswa dan umum. Andi.
Risnawati, N. (2022). Pelatihan Manajemen Pemasaran Barang dan Jasa Bagi Tenaga Pendamping UMKM di Timika-Papua. E-Coops-Day, 3(1), 147–154.
Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT. GO-JEK). Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.91
Sudarso, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. CV BUDI UTAMA. Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen. Lentera Ilmu Cendekia.
Sugiyanto, S., & Putra, T. A. P. S. (2021). Macro-Economic Impact On Stock Prices. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 13(1), 13–19.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wati, D. D., Mursito, B., & Hartono, S. (2020). Edunomika – Vol. 04, No. 02 (Agustus 2020). IImu Ilmiah Edunomika, 04(02), 701–709.
Wibowo, A. H., & Fausi, M. (2017). Pelayanan Konsumen. Parama.