Evaluasi keterampilan bertanya pada mahasiswa PGSD semester VI mata kuliah pembelajaran mikro Universitas Muhammadiyah Purworejo
Main Article Content
Abstract
Keterampilan bertanya merupakan kemampuan sesorang guru untuk mengajukan suatu pertanyaan sebagai stimulus untuk menumbuhkan keaktifan dan respon dari peserta didik. keterampilan bertanya sangat perlu untuk dikuasi oleh guru untuk meninkatkan keaktifan siswa. Guru yang berbicara terus-menerus tanpa adanya sesi tanya jawab akan menciptakan suasana yang monoton siswa menjadi pasif dan sulit untuk mengetahui apakah siswa telah memahami apa yang disampaikan oleh guru. Keterampilan mengajar menjadi salah satu aspek penting dalam kompetensi guru yang harus dikuasai. Salah satu dari delapan keterampilan mengajar yaitu keterampilan bertanya terkadang terlupakan diterapkan guru sehingga pencapaian tujuan yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan. Pembelajaran mikro memiliki tujuan untuk membantu mengembangkan keterampilan mengajar sehingga dapat dijadikan sebagai bekal mengajar di sekolah atau di lapangan. Kegiatan simulasi atau evaluasi mengajar mahasiswa PGSD semester 6 UMP (Universitas Muhammadiyah Purworejo) dengan pemberian teori keterampilan dasar mengajar terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan perancangan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kemampuan keterampilan bertanya pada mahasiswa PGSD semester IV kelas B tahun akademik 2021/2022 dalam mata kuliah pembelajaran mikro. Berdasarkan analisis data perolehan nilai rata-rata keterampilan memberi penguatan mahasiswa PGSD semester 6 tahun akademik 2021/2022 kelas B adalah 41,3, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 termasuk pada cukup.