Evaluasi keterampilan bertanya pada mahasiswa PGSD semester VI mata kuliah pembelajaran mikro Universitas Muhammadiyah Purworejo
Main Article Content
Abstract
Keterampilan bertanya merupakan kemampuan sesorang guru untuk mengajukan suatu pertanyaan sebagai stimulus untuk menumbuhkan keaktifan dan respon dari peserta didik. keterampilan bertanya sangat perlu untuk dikuasi oleh guru untuk meninkatkan keaktifan siswa. Guru yang berbicara terus-menerus tanpa adanya sesi tanya jawab akan menciptakan suasana yang monoton siswa menjadi pasif dan sulit untuk mengetahui apakah siswa telah memahami apa yang disampaikan oleh guru. Keterampilan mengajar menjadi salah satu aspek penting dalam kompetensi guru yang harus dikuasai. Salah satu dari delapan keterampilan mengajar yaitu keterampilan bertanya terkadang terlupakan diterapkan guru sehingga pencapaian tujuan yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan. Pembelajaran mikro memiliki tujuan untuk membantu mengembangkan keterampilan mengajar sehingga dapat dijadikan sebagai bekal mengajar di sekolah atau di lapangan. Kegiatan simulasi atau evaluasi mengajar mahasiswa PGSD semester 6 UMP (Universitas Muhammadiyah Purworejo) dengan pemberian teori keterampilan dasar mengajar terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan perancangan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kemampuan keterampilan bertanya pada mahasiswa PGSD semester IV kelas B tahun akademik 2021/2022 dalam mata kuliah pembelajaran mikro. Berdasarkan analisis data perolehan nilai rata-rata keterampilan memberi penguatan mahasiswa PGSD semester 6 tahun akademik 2021/2022 kelas B adalah 41,3, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 termasuk pada cukup.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Nasution, Nursyaidah (2012) Meningkatkan Keterampilan Bertanya Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Mahasiswa Semester Ii Jurusan Pgsd Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate Thesis, Unimed.
Ngazizah, N., Safitri, D., & Hadi, A. S. 2019. Evaluasi Keterampilan Mengajar Mahasiswa PGSD Semester VI Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Tahun Akademik 2018/2019. Proceeding Of The URECOL, 315-320.
Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. 2017. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 26-36.
Mansur, N. 2017. Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 4(2), 118-127.
Wahyulestari, M. R. D. 2018. Ketrampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Mansyur, M. 2017. Keterampilan Dasar Mengajar Dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 130-147.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan RND. Bandung: Alfa Beta.
Alma, B. (2012). Guru Profesional Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Bandung: PT. Alfabeta. Kasmansyah. (2013). Dasar–Dasar Komunikasi Dan Keterampilan Dasar Mengajar. Universitas
Sriwijaya
Nalole, M (2010). Kemampuan Guru Menerapkan Ketrampilan Bertanya Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo. FIP Universitas Negeri Gorontalo.
Nur Dan Agus G. Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UNM
Siberman, Melvin L. 2014. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia. Abdulhak, Ishak Dan Suprayogi, Ugi. 2012. Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Nonformal.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fachruddin, Farida Dan Efendi, Jon. 2014. Inovasi Pembelajaran IPA. Padang: Sukabina Press. 2017.“Efiktivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar”
Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1 (2):35.