Evaluasi keterampilan bertanya pada mahasiswa PGSD semester VI mata kuliah pembelajaran mikro Universitas Muhammadiyah Purworejo

Main Article Content

Indah Kusumawati
Nur Ngazizah

Abstract

Keterampilan bertanya merupakan kemampuan sesorang guru untuk mengajukan suatu pertanyaan sebagai stimulus untuk menumbuhkan keaktifan dan respon dari peserta didik. keterampilan bertanya sangat perlu untuk dikuasi oleh guru untuk meninkatkan keaktifan siswa. Guru yang berbicara terus-menerus tanpa adanya sesi tanya jawab akan menciptakan suasana yang monoton siswa menjadi pasif dan sulit untuk mengetahui apakah siswa telah memahami apa yang disampaikan oleh guru. Keterampilan mengajar menjadi salah satu aspek penting dalam kompetensi guru yang harus dikuasai. Salah satu dari delapan keterampilan mengajar yaitu keterampilan bertanya terkadang terlupakan diterapkan guru sehingga pencapaian tujuan yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan. Pembelajaran mikro memiliki tujuan untuk membantu mengembangkan keterampilan mengajar sehingga dapat dijadikan sebagai bekal mengajar di sekolah atau di lapangan. Kegiatan simulasi atau evaluasi mengajar mahasiswa PGSD semester 6 UMP (Universitas Muhammadiyah Purworejo) dengan pemberian teori keterampilan  dasar  mengajar  terlebih  dahulu  kemudian  dilanjutkan  dengan  perancangan  RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kemampuan keterampilan bertanya pada mahasiswa PGSD semester IV kelas B tahun akademik 2021/2022 dalam mata kuliah pembelajaran mikro. Berdasarkan analisis data perolehan nilai  rata-rata  keterampilan  memberi  penguatan  mahasiswa  PGSD  semester  6  tahun  akademik 2021/2022 kelas B adalah 41,3, sehingga dapat  disimpulkan bahwa keterampilan  yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 termasuk pada cukup.

Article Details

How to Cite
Kusumawati, I. ., & Ngazizah, N. . (2022). Evaluasi keterampilan bertanya pada mahasiswa PGSD semester VI mata kuliah pembelajaran mikro Universitas Muhammadiyah Purworejo. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(6), 391–395. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i6.324
Section
Articles

References

Nasution, Nursyaidah (2012) Meningkatkan Keterampilan Bertanya Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Mahasiswa Semester Ii Jurusan Pgsd Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate Thesis, Unimed.

Ngazizah, N., Safitri, D., & Hadi, A. S. 2019. Evaluasi Keterampilan Mengajar Mahasiswa PGSD Semester VI Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Tahun Akademik 2018/2019. Proceeding Of The URECOL, 315-320.

Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. 2017. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 26-36.

Mansur, N. 2017. Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 4(2), 118-127.

Wahyulestari, M. R. D. 2018. Ketrampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

Mansyur, M. 2017. Keterampilan Dasar Mengajar Dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 130-147.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan RND. Bandung: Alfa Beta.

Alma, B. (2012). Guru Profesional Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Bandung: PT. Alfabeta. Kasmansyah. (2013). Dasar–Dasar Komunikasi Dan Keterampilan Dasar Mengajar. Universitas

Sriwijaya

Nalole, M (2010). Kemampuan Guru Menerapkan Ketrampilan Bertanya Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo. FIP Universitas Negeri Gorontalo.

Nur Dan Agus G. Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UNM

Siberman, Melvin L. 2014. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia. Abdulhak, Ishak Dan Suprayogi, Ugi. 2012. Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Nonformal.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fachruddin, Farida Dan Efendi, Jon. 2014. Inovasi Pembelajaran IPA. Padang: Sukabina Press. 2017.“Efiktivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar”

Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1 (2):35.