Analisis mutu pelayanan jaminan kesehatan nasional (JKN) pada lansia di Puskesmas Medan Amplas
Main Article Content
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan nasional merupakan langkah menuju peningkatan pelayanan kesehatan baik bagi perorangan maupun bagi penduduk sesuai dengan Capaian Kesehatan yang diharapkan dan sesuai dengan pengetahuan profesi. Program Jaminan Kesehatan Nasional merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi setiap masyarakat Indonesia agar penduduk Indonesia dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kesehatan Lansia telah menjadi prioritas pembangunan kesehatan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Medan Amplas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 90 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan diagram kartesius. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Medan Amplas. Hasil penelitian membandingkan kualitas kualitas pelayanan jaminan kesehatan nasional yang diharapkan sesuai dengan kualitas yang diterima pasien pengguna jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Berastagi Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. Penelitian ini menyarankan agar dapat menjadi sumber informasi bagi instansi terkait dalam rangka meningkatkan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Anonim. (2014). Panduan Resmi Memperoleh Jaminan Kesehatan Dari BPJS. Jakarta: Visimedia.
Elita Halimsetiono. (2021). “Pelayanan Kesehatan pada Warga Lanjut Usia”. Jurnal kesehatan dan Kedokteran.
Infodati. (2020). Situasi dan analisis Lansia.
Sulistiyono, P. (2014). Persepsi Pasien Tentang Pelayanan BPJS Di RSI Muhammadiyah Kendal. Skripsi Program Studi S1 Fakultas Ilmu Keperawatan Dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Semarang. (Online).http://digilib.unimus.
Solihat, E. (2013). Kepuasan Pasien Dan Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Gawat Darurat. Jakarta: PT.Rumah Sakit Pelni.
Sri Hartiningsih. (2020) “Pelayanan Kesehatan Lansia Berdasarkan Kebutuhan Dan Harapan Lansia Serta Kemampuan Provider”. Jurnal Airlangga
Rahmawati, M. A. (2022). Analisis Perhitungan Kapitasi pada Program Jaminan Kesehatan Nasional di Klinik Hayana dan Dokter Praktek Perorangan dr. Sri Wahyuni. 2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN, 12(1), 75-83
Setyaningsih, N. A. (2021). Gambaran kepuasan pasien peserta jaminan kesehatan nasional terhadap mutu pelayanan di Poliklinik Gigi Dan Mulut: Kajian pada rumah sakit RSPAD Gatot Soebroto Jakarta (Laporan Penelitian). SKRIPSI-2016
Agustanti, D., Anita, A., Purwati, P., & Kodri, K. (2022). Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kepuasan Layanan Kesehatan Reproduksi National Health Insurance and Reproductive Health Service Satisfaction. Jurnal Keperawatan Raflesia, 4(1), 11-20
Tuloli, T. S., Madania, M., Rasdianah, N., & Gobel, I. P. (2022). Evaluasi Kesesuaian Peresepan Obat Pada Pasien Poliklinik Penyakit Dalam Terhadap Formularium di Rumah Sakit. Journal Syifa Sciences and Clinical Research, 4(1), 251-258
Anggraeni, D. A., & Adriansyah, A. A. (2022). Analisis Pengaruh Pelayanan Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien BPJS. JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan), 6(1), 1-6
Meman, R. B., Aripa, L., & Kartini, K. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran di Puskesmas Mamajang. Jurnal Promotif Preventif, 4(1), 29-38
Solehah, A. (2022). Hubungan Pengetahuan, Pendidikan, Dan Kualitas Pelayanan Dengan Pemanfaatan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Alalak Tengah Kota Banjarmasin Tahun 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB)