Analisis mutu pelayanan jaminan kesehatan nasional (JKN) pada lansia di Puskesmas Medan Amplas

Main Article Content

Ivena Hotmarina Septiani Nainggolan
Nia Syahfitri Damanik
Siti Rauda Situmorang
Ahmad Rivai
Fitriani Pramita Gurning

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan nasional merupakan langkah menuju peningkatan pelayanan kesehatan baik bagi perorangan maupun bagi penduduk sesuai dengan Capaian Kesehatan yang diharapkan dan sesuai dengan pengetahuan profesi. Program Jaminan Kesehatan Nasional merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi setiap masyarakat Indonesia agar penduduk Indonesia dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kesehatan Lansia telah menjadi prioritas pembangunan kesehatan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Medan Amplas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 90 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan diagram kartesius. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Medan Amplas. Hasil penelitian membandingkan kualitas kualitas pelayanan jaminan kesehatan nasional yang diharapkan sesuai dengan kualitas yang diterima pasien pengguna jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Berastagi Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo. Penelitian ini menyarankan agar dapat menjadi sumber informasi bagi instansi terkait dalam rangka meningkatkan.

Article Details

How to Cite
Nainggolan, I. H. S. ., Damanik, N. S. ., Situmorang, S. R. ., Rivai, A. ., & Gurning, F. P. . (2022). Analisis mutu pelayanan jaminan kesehatan nasional (JKN) pada lansia di Puskesmas Medan Amplas. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(5), 386–390. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i5.325
Section
Articles