Perbedaan tingkat kepuasan pasien JKN dan pasien umum terhadap mutu pelayanan unit rawat inap

Main Article Content

Nikita Praramadhani
Susilawati Susilawati

Abstract

Kualitas layanan pada berbagai fasilitas kesehatan dipengaruhi oleh sumber pembiayaan. Hal serupa juga ditemukan di Unit Rawat Inap. Berbagai data menunjukan bahwa ada perbedaan layanan pasien antara pasien umum dan pasien JKN. Hal ini tentunya bertentangan dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia No.82 Tahun 2018 bahwa peserta JKN berhak mendapatkan layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas seberapa besar perbedaan tingkat kepuasan pasien JKN dan pasien umum terhadap mutu pelayanan di Unit Rawat Inap. Metode studi dilakukan dengan pendekatan narrative review yang bersumber pada database PubMed, Google Scholar dan IJPHS. Terdapat 39.970 artikel yang ditemukan dengan kata kunci kepuasan pasien dan mutu layanan kesehatan; patient satisfaction and quality of health services. Selanjutnya artikel tersebut diidentifikasi, disaring, hingga diperoleh 5 artikel yang memenuhi kriteria untuk kemudian diulas secara mendalam. Secara garis besar terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien JKN dan pasien umum terhadap mutu pelayanan di Unit Rawat Inap. Perbedaan terletak pada kepuasan pada dimensi kehandalan/tangible, daya tanggap/ responsiveness, jaminan/assurance, peduli/empaty, dan bukti langsung/ reliability. Sebanyak 60% penelitian menunjukan adanya perbedaan dalam tingkat kepuasan antara pasien JKN dan pasien umum di Unit Rawat Inap dapat dijadikan evaluasi bagi Pelaksana Layanan Kesehatan sehingga tidak ada lagi perbedaan tingkat kepuasan pasien.

Article Details

How to Cite
Praramadhani, N. ., & Susilawati, S. (2022). Perbedaan tingkat kepuasan pasien JKN dan pasien umum terhadap mutu pelayanan unit rawat inap. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(6), 427–433. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i6.328
Section
Articles

References

Afandi, M. R., Setyowati, T., & Saidah, N. (2019). Dampak Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Pada Dira Cafe & Pool Pontang Ambulu Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 79. https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2111

Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Analitik Terhadap Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar). Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 5(2), 165. https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164

Austin, T. (2021). Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Dan Emphaty Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Paten Masa New Normal Di Kecamatan Sako. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 6(1).

Desmi. (2017). “Pengaruh Tangibles, Empathy, Reli-ability, Responsiviness dan Assurance Jasa Ke-sehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada

Puskesmas Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat”. Sumatera Barat: STKIP PGR Firmansyah, R. M. N. R. (2016). Perbedaan Kepuasaan antara Pasien Peserta Jaminan Kesehatan

Nasional dengan Umum Berdasarkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.

Hasnih, Gunawan & Hasmin. (2016). “Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng”.Jurnal Mirai Manage-ment. Vol. 1, No. 2: 426-445. Makasar: STIE Amkop

Haerani, Haerati, & Fina Magfira. (2018). Comparison of Types of Inpatient Services for BPJS Patients and Non BPJS Patients with Patient Satisfaction Level. Comprehensive Health Care, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37362/jch.v2i1.238

Hutama, T. S. P., Mutiarasari, D., & Asrinawati, A. N. (2018). Perbedaan Kepuasan Pasien BPJS Pada Instalasi Rawat Inap Kelas III di Rumah Sakit Pemerintah Wirabuana Palu Dengan Rumah Sakit Swasta Budi Agung Palu. Jurnal Kesehatan Tadulako, 4(2).

Imelda, S., & Nahrisah, E. (2015). Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien di RSUP Adam Malik Medan (Studi perbandingan Antara Pasien Umum dan Pasien BPJS). Jurnal Ilmiah Fakultas Sains & Teknologi Universitas Labuhanbatu, 3(1), 33–44. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika/article/view/221

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/UU_36_2009_Kesehatan.pdf

Kustiyah, E., & Astuti. (2014). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. GEMA.

Nurcahyanti, E. (2017). Studi Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 3(1), 8. https://doi.org/10.29241/jmk.v3i1.86

Pertiwi, A. A. N. (2016). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(2), 113–121.

Peraturan Presiden Tentang Jaminan Kesehatan, Pub. L. No. 82, Sekretariat Kabinet RI Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (2018).

Ratnah & Muljadi. (2018). “Pengaruh Tangible dan Responsiviness Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Layanan Samsat Balaraja Kabupaten Tangerang Banten”. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis.Vol. 6, No. 1: 37-46. Tangerang: Universitas Muhamadiyah Tangerang

Sanastya Riska Ts, D. (2016). Perbedaan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Pasien Pengguna BPJS dan Non BPJS di RSUD I.A.Moeis Samarinda. 4(1), 2420–2430.

Saragih, A. A. A., Manalu, E. D., & Ariani, P. (2020). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan pada Pelayanan Pasien BPJS dan Pasien Umum di Unit Rawat Inap RSUD Tuan Rondahaim Pematang Raya. Jurnal Inovasi Kesehatan Masyarakat, 2(1), 144–152. http://ejournal.delihusada.ac.id/index.php/JIKM/article/view/465/328

Supandri, O., Ketaren, O., & Veronika, L. R. (2019). Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS dan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Muhammadiyah Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(2), 48–60.