Hubungan mutu pelayanan Kesehatan dengan kepuasan pasien
Main Article Content
Abstract
Jaminan mutu layanan Kesehatan dapat diartikan sebagai keseluruhan upaya yang bertujuan untuk memberikan suatu layanan kesehatan yang terbaik mutunya, yaitu layanan kesehatan yang sesuai dengan standart layanan kesehatan yang disepakati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien yang datang berobat berkaitan dengan kenyaman, pelayanan petugas, prosedur pelayanan dan juga hasil layanan di puskesmas, Metode penelitian yaitu deskriptif analitik dengan menggunakan desain penelitian cross sectional study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan bermakna antara tangible, responsive, reliability, assurance, dan emphaty pelayanan dengan kepuasan pasien. Kesimpulan penelitian yaitu ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Akbar, H., Amir, H., Ningsih, S. R., & Astuti, W. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Petugas Kesehatan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas X. Pena Medika: Jurnal Kesehatan, 10(2), 8-14.
Saputra, A., & Ariani, N. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu BPJS di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjar Baru. Borneo nursing journal (BNJ), 1(1), 48-60.
Sumampow, R. D. J., Kolibu, F. K., & Mandagi, C. K. (2020). Hubungan Antara Penerapan Total Quality Management (Tqm) Dengan Kinerja Pegawai Di Puskesmas Minanga. Kesmas, 9(4), 77-84.
Satrianegara, M. (2014). Organisasi dan manajemen Pelayanan Kesehatan. PT. Salemba Medika. https://anzdoc.com/hubunganpenerapan-total-qualitymanagement.html
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. PT. Rineka Cipta.
Toliaso, C. S., Mandagi, C. K., & Kolibu, F. K. (2018). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Bahu Kota Manado. Kesmas, 7(4), 1-10.