Optimalisasi pelayanan pada pemustaka penyandang disabilitas tunanetra di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Main Article Content

Yolanda Amalia Hidayat
Tine Silvana R.
Elnova Lusiana

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai “optimalisasi pelayanan pada pemustaka penyandang disabilitas tunanetra di perpustakaan nasional republik indonesia”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui staf perpustakaan dalam memberikan layanan kepada pemustaka tunanetra, untuk mengetahui fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan nasional ri bagi pemustaka tunanetra, dan untuk mengetahui koleksi yang tersedia untuk pemustaka tunanetra di perpustakaan nasional ri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi objek penelitian ini yaitu layanan khusus disabilitas dalam membantu disabilitas tunanetra di perpustakaan nasional ri dan subjek penelitian terdiri dari tiga orang narasumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan khusus dalam membantu pemustaka tunanetra di perpusnas ri melibatkan tiga komponen yang terlibat langsung dalam memberikan layanan perpustakaan yaitu staf perpustakaan yang memiliki kualifikasi khusus, fasilitas yang memberikan kenyamanan dan lengkap, serta koleksi yang tersedia berupa buku braille dan buku audio.

Article Details

How to Cite
Hidayat, Y. A. ., Silvana R., T. ., & Lusiana, E. . (2022). Optimalisasi pelayanan pada pemustaka penyandang disabilitas tunanetra di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(6), 367–378. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i6.335
Section
Articles

References

Albi Anggito, & Johan Setiawan, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.). CV Jejak. Akbar, P.S. & Usman, H., 2011.

Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Basuki, S, 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Creswell, John W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Rahma, E., 2018. Akses dan Layanan Perpustakaan: teori dan aplikasi. Kencana. Istiana, Purwani., 2014. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Niswaty, R., Darwis, M., M, D. A., Nasrullah, M., & Salam, R., 2020. Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 66.https://doi.org/10.24252/kah. v8i1a7

Prastowo, Andi (Ed)., 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional, Yogyakarta:DIVA Press. Qalyubi, Syihabuddin, dkk., 2003.

Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga.

Suhernik, 2006. Superior Dan Layanan Prima Profesional. Buletin Perpustakaan. Universitas Airlangga, 1(2), 30–35.

Sari, S., & Marajari, M., 2019. Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dengan Pemustaka Pada Layanan Sirkulasi perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 36-48.

Wince, E., 2017. Kajian Pentingnya Stock Opname Dalam Pengembangan Koleksi Perpustakaan.

Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan STAIN Curup.