Strategi pembelajaran kontekstual pada mata kuliah teori membaca dan menulis

Main Article Content

yubali ani

Abstract

Kompetensi yang diharapkan dari mata kuliah teori membaca dan menulis meliputi: 1) menerapkan konsep dan pendekatan dasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia, 2) membuat media pembelajaran bahasa Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dan 3) membuat cerita sastra anak Indonesia dalam bahasa Indonesia. Strategi pembelajaran kontekstual dalam mata kuliah teori membaca dan menulis dilakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Strategi pembelajaran kontekstual digunakan untuk mengukur empat aspek, yaitu: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran kontekstual pada mata kuliah teori membaca dan menulis. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif, subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tingkat Tiga. Ada tujuh prinsip dalam strategi pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah teori membaca dan menulis, antara lain: 1) konstruktivis; 2) menemukan (inquiry); 3) bertanya; 4) komunitas belajar; 5) modelling; 6) refleksi; dan 7) penilaian autentik. Strategi pembelajaran kontekstual dapat digunakan dan disesuaikan dengan kondisi dan konteks siswa di lapangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Article Details

How to Cite
ani, yubali. (2022). Strategi pembelajaran kontekstual pada mata kuliah teori membaca dan menulis. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(6), 379–385. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i6.342
Section
Articles

References

Arifin, Z., & Haryono, A. (2016). Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra. Panduan penting bagi Guru Bahasa yang ingin Profesional dan Menjadi Idola Siswa. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Furchan, A. (2007). Pengantar Peneltian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Krissandi, A., Widharyanto. B., & Dewi. B. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta: Media Maxima.

Laki, R. (2018). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Erakurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1), 23-29.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Nafi’ah, S. A. (2018). Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Russ Media.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sijabat. (2017). Mengajar secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup.

Suryono, & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

USAID. (2014). Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi di Kelas Awal di LPTK. USAID. (2015). Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/ Madrasah

Ibtidaiyah.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi.