Strategi program dinas sosial Provinsi Sumatera Utara dalam pemberdayaan masyarakat demi mengentaskan kemiskinan di era revolusi 5.0

Main Article Content

Daniel Putra Roge Hia
Ivansyah Fauzie
Lola Suhaini Lubis
Terry Theresia Turnip
Thessa Theresia Siagian

Abstract

Kemiskinan merupakan kondisi dimana setiap individu tidak bisa memenuh kebutuhan dasarnya seperti sandang, pangan dan papan. Kemiskinan merupakan suatu permasalah yang terjadi di berbagai negara termasuk indonesia, karena banyak faktor yang mempengaruhnya. Antara lain ada 3 penyebab kemiskinan yakni kondisi cacat mental dan fisik, yang kedua adalah kondisi alam dimana manusia dan alam tidak saling mendukung sehingga alam tidak juga mendukung aktivitas manusia serta yang ketiga adalah Sumber Daya Manusia terhadap segala aktivitas kehdupan yang dilakukannya. Faktor-faktor negatif yang dilakukan oleh manusia itu sendiri bsa menyebabkan kemiskinan salah satunya adalah faktor malas. Revolusi Industri 5.0 sudah termasuk dalam era Digitalisasi dimana semua pekerjaan sudah diakomodir dan dikerjakan oleh mesin maupun perangkat digital lainnya. Di zaman sekarang ini revolusi 5.0 dapat menjadi pendorong dalam mengentaskan kemiskinan yang melanda sebuah negara serta sangat bagus dan tepat untuk menunjang kinerja-kinerja dalam brokrasi sehingga brokrasi dapat berjalan cepat dan tepat guna khususnya dalam mengatasi kemiskinan. Dengan cara adalah pembuatan teknologi yang bisa memudahkan dalam mengentaskan kemiskinan salah satunya adalah pembuatan website serta aplikasi bantuan sosial agar bantuan sosial tersebut tepat sasaran bagi masing-masing penerimanya. Pemberdayaan masyarakat secara langsung juga salah satu cara dalam mengentaskan kemiskinan melalui program-program yang melatih Sumber Daya Masyarakat itu sendiri maupun memfasilitasi setiap langkah kegiatan masyarakat dalam mencapai kegiatan sehari-hari.

Article Details

How to Cite
Roge Hia, D. P., Fauzie, I. ., Lubis, L. S. ., Turnip, T. T., & Siagian , T. T. (2022). Strategi program dinas sosial Provinsi Sumatera Utara dalam pemberdayaan masyarakat demi mengentaskan kemiskinan di era revolusi 5.0. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7). https://doi.org/10.55904/nautical.v1i7.358
Section
Articles

References

Eko Priyo Purnomo, “Management Of Small-Sustainable Coastal And Island Areas Based On Collaborative Management (Case Study In Bima Regency, West Nusa Tenggara),” 2019.

H. K. H. Indah Dwi Maulana, Jainuri, “Good Governing Poverty Alleviation Through The Pkh Policy

- Independent Women’s Groups In Poverty Reduction In Batu City (Study At Batu City Social Service). Journal Of Local Government Issues,” 2019, [Online]. Available: Https://Doi.Org/10.22219/Logos.Vol2.No2.193-209.

N. M. Rambe, “Revolusi 4.0 Berbasis Revolusi Mental. In: Tantangan Yang Dihadapi Dalam Duni Pendidikan Dan Social Studies Diera Revolusi Industri 4.0,” 2018, [Online]. Available: Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/35811/

M. N. N. F. Yusril Rahman Hakim, M Nurul Huda Pradana Putra, “Program Dinas Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat Demi Mengentas Kemiskinan Di Era Revolusi 4.0 Di Kota Malang Dan Kota Batu”, [Online]. Available: Http://Research- Report.Umm.Ac.Id/Index.Php/Psip/Article/View/3524

M. Sipahelut, B. Wiryawan, And T. W. Nurani, “Analisis Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Di Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara”, [Online]. Available: Https://Repository.Ipb.Ac.Id/Jspui/Bitstream/123456789/53993/9/_8.Analisis Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Di Kecamatan Tobelo Kabupaten Halut %28strategi Pengembangan Perikanan Halut%29.Pdf

H. Suwardana, “Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. Jati Unik: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri”, [Online]. Available: Http://Ojs.Unik- Kediri.Ac.Id/Index.Php/Jatiunik/Article/View/117/0

A. Titin Rohayatin, Tulus Warsito, Ulung Pribadi And S. Nurmandi, Wahyudi Kumorotmo, “Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan”, [Online]. Available: Http://Fisip.Unjani.Ac.Id/E-Jurnal/Jurnal-Ilmu- Pemerintahan/Caraka-Prabu-Vol-01-No-01/Faktor-Penyebab-Belum-Optimalnya-Kualitas- Penyelenggaraan-Pelayanan-Publik-Dalam-Birokrasi-Pemerintahan/

Kesi Widjajanti, “Model Pemberdayaan Masyarakat,” 2011, [Online]. Available: Https://Journals.Ums.Ac.Id/Index.Php/Jep/Article/View/202/189

M. T. I. 2014 Nur Aliyah Zainal, “Partisipasi Dan Jaminan Hak Politik Penyandang Disabilitas Di Yayasan Yukartuni Makassar Pada Pemilu Legislatif 2014”, [Online]. Available: Https://Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id/Index.Php/Jpp/Article/View/5811

Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 57/Huk/2017 Tentang Penetapan Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin Tahun 2017.

Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 146/Huk/2013 Tentang Penetapan Kriteria Dan Pendataan Fakir Miskin Dan Orang Tidak Mampu.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 83, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5235).

Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Upaya Penanganan Fakir Miskin. Melalui Pendekatan Wilayah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 157,

Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5449).

Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengumpulan dan Penggunaan. Sumbangan Masyarakat bagi Penanganan Fakir Miskin (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun

Nomor 53, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5677).