Evaluasi kinerja operasional dan pelayanan stasiun kereta api

Main Article Content

Mohamad Irfan Riyadi
Yeyet Hudayat

Abstract

Layanan jasa Kereta Api menjadi alternatif transportasi publik dalam mengurai kemacetan, maka kapasitas pengguna tidak sebanding jumlah Kereta Api yang beroperasi sehingga memengaruhi kualitas pelayanan Stasiun Kereta Api dan perlu ada evaluasi lebih lanjut mengenai kinerja operasional dan pelyanan Stasiun Kereta Api Rancaekek Kabupaten Bandung. Penelitian dilakukan dengan survey kuisioner kepada responden dengan memerhatikan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan. menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan analisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh indeks kepuasan responden atas kinerja operasional yaitu 65.43% dan indeks kepuasan atas kinerja pelayanan yaitu 61.46%. kemudian berdasarkan analisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) diperlukan perbaikan kinerja operasional dan pelayanan pada informasi keterlambatan kereta api, ketersediaan toilet, ketersediaan tempat parkir, kemudahan akses sewaktu naik/turun KA dan ketersediaan fasilitas kesehatan.Atribut-atribut yang dianggap penting dilakukan perbaikan oleh responden terdapat pada kuadran I (informasi keterlambatan kereta api, ketersediaan toilet, ketersediaan tempat parkir, kemudahan akses sewaktu naik/turun KA dan ketersediaan fasilitas kesehatan) dan atribut yang dirasa puas kinerjanya terdapat pada Kuadran II (Informasi mengenai jadwal KA, Informasi waktu penyusulan KA, informasi jika terjadi bahaya, waktu pelayanan dan informasi yang ada di loket.

Article Details

How to Cite
Irfan Riyadi, M. ., & Hudayat, Y. . (2022). Evaluasi kinerja operasional dan pelayanan stasiun kereta api. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 535–542. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i7.365
Section
Articles