Evaluasi kinerja operasional dan pelayanan stasiun kereta api
Main Article Content
Abstract
Layanan jasa Kereta Api menjadi alternatif transportasi publik dalam mengurai kemacetan, maka kapasitas pengguna tidak sebanding jumlah Kereta Api yang beroperasi sehingga memengaruhi kualitas pelayanan Stasiun Kereta Api dan perlu ada evaluasi lebih lanjut mengenai kinerja operasional dan pelyanan Stasiun Kereta Api Rancaekek Kabupaten Bandung. Penelitian dilakukan dengan survey kuisioner kepada responden dengan memerhatikan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan. menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan analisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh indeks kepuasan responden atas kinerja operasional yaitu 65.43% dan indeks kepuasan atas kinerja pelayanan yaitu 61.46%. kemudian berdasarkan analisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) diperlukan perbaikan kinerja operasional dan pelayanan pada informasi keterlambatan kereta api, ketersediaan toilet, ketersediaan tempat parkir, kemudahan akses sewaktu naik/turun KA dan ketersediaan fasilitas kesehatan.Atribut-atribut yang dianggap penting dilakukan perbaikan oleh responden terdapat pada kuadran I (informasi keterlambatan kereta api, ketersediaan toilet, ketersediaan tempat parkir, kemudahan akses sewaktu naik/turun KA dan ketersediaan fasilitas kesehatan) dan atribut yang dirasa puas kinerjanya terdapat pada Kuadran II (Informasi mengenai jadwal KA, Informasi waktu penyusulan KA, informasi jika terjadi bahaya, waktu pelayanan dan informasi yang ada di loket.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 48 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kereta Api.
Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 121 Tahun 2017 tentang Standar Operasional Prosedur Perkeretaapian
Agungbudisantoso.com/cara menghitungtingkat kepuasan pelanggan dengan metode CSI dan multiatribut Fishbein
Benny Osta Nababan, S.Pi, M.Si. 2018. Panduan Pengolahan Data Service Quality, Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis
Muhammad Habibie Faizal Dzaky. 2021. Analisis kepuasan pelanggan dengan metode Customer Satisfaction Index dan Competitive zone of tolerance based Importance Performance Analysis
Fauza, D. (2018). Identifikasi Aggressive Driving Pada Remaja Pengguna Sepeda Motor (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). https://eprints.umm.ac.id/43364/
Iva Nurdiana Nurfarida. 2015. Pengukuran Indeks kepuasan pelanggan untuk peningkatan kualitas layanan