Studi komparasi mutu pelayanan kesehatan pada peserta JKN dan mandiri di Puskesmas Glugur Barat
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan BPJS Kesehatan dengan kepuasan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional di puskesmas glugur darat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi yaitu pasien yang dirawat di instalasi rawat inap kelas III sebanyak 40 pasien dan sampel penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah 40 pasien. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-square dengan derajat kepercayaaan 95% dan tingkat kesalahan 0,05. Hasil penelitian berdasarkan uji Chi-square menunjukan bahwa nilai p pada variabel mutu pelayanan = 0,000 dan nilai p pada variabel kepuasan pasien = 0,000. Kesimpulan berdasarkan hasil uji Chi-square menyatakan bahwa ada hubungan yang bermakna antara variabel mutu pelayanan dengan variabel kepuasan pasien. Berdasarkan penelitian ini disarankan BPJS Kesehatan lebih meningkatkan lagi mutu pelayanan kesehatan dan meningkatkan sosialisai program-program BPJS Kesehatan terutama di daerah perdesaan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Asrinawaty, A., & Mahmudah, M. (2021). Hubungan Persepsi Masyarakat dengan Kepesertaan JKN Mandiri di Puskesmas Perawatan Bakau Tahun 2021. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 8(2), 191–195.
BPJS Kesehatan. (2014). Pedoman Umum Tata Kelola yang Baik.
Buchbinder, S. B., & Shanks, N. H. (2014). Buku ajar manajemen pelayanan kesehatan
Harja, M., Ishardyatmo, H., & Masruchin, M. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Cakupan Kegiatan, Manajemen dan Mutu Pelayanan Puskesmas di Kabupaten Tangerang. Jurnal Farmagazine, 4(1), 10-18.
Kementrian kesehatan Republik Indonesia. (2014). Alur Pelayanan Kesehatan peserta BPJS.
Natassa, J., & Dwijayanti, S. S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Di Unit Rawat Inap RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Health Care: Jurnal Kesehatan, 8(2), 29–42
Praramadhani, N., & Susilawati, S. (2022). Perbedaan tingkat kepuasan pasien JKN dan pasien umum terhadap mutu pelayanan unit rawat inap. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(5), 427-433.
Prayogi, P. (2018). Relasi Pemerintah Dan Rumah Sakit Swasta Dalam Kebijakan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Penerima Bantuan Iuran Di Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Ratnasari, D., Misnaniarti, M., & Windusari, Y. (2020). Analisis Kualitas Layanan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Mandiri di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(2), 74
Riyadi, R. (2015). Mutu pelayanan kesehatan peserta jaminan kesehatan nasional di puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat
Sandra, M., & Witcahyo, E. (2017). Perbedaan Kepuasan Antara Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Dengan Umum Berdasarkan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember.
Sofiana, M., Wahyuni, R., & Supriyadi, E. (2020). Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat. Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 93-110
Sumadi, A. F., Mardiyoko, I., & Pratama, Y. Y. (2022). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien JKN Dan Pasien Umum Terhadap Mutu Pelayanan Unit Rawat Inap: Literatur Review. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 8(1), 86-97.
Syaputra, A. D. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu Tahun 2015. Jurnal Keperawatan. Palembang: Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.
Tias, Y. A. (2018). Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna BPJS Kesehatan Pada RSU Siti Hajar Medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(2), 33–41.