Analisis pelayanan pelaksanaan BPJS masyarakat di Kota Medan
Main Article Content
Abstract
Salah satu kebijakan kesehatan dari pemerintah adalah Jaminan Kesehatan Nasional dimana ini bertujuan agar masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan yang merata dengan sistem premi seperti pada asuransi kesehatan lainnya. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) atau BPJS-Kesehatan sudah menjamin pelayanan kesehatan dengan sistem yaitu premi yang sesuai dengan dengan pelaksanaannya di puskesmas dan klinik yang tergolong kedalam fasilitas kesehatan tingkat pertama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesesuain pelaksanaan pelayanan BPJS pada masyarakat di Kota Medan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Mayoritas fasilitas yang didapat kan pasien pada saat mereka dirawat sudah 67,7% sesuai dengan iuran mereka dan 32,3% hampir sesuai dan pelayanan yang didapat pasien hampir mendekati sempurna yang dimana 77,4% sesuai dengan kelas kepemilikan kartu BPJS mereka.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Suprianto, Arip & Dyah Mutiarin. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Jaminan Sosial. Yogyakarta: Journal of Governance and Public Policy. 4(1). 72-107.
Suprapto & Malik, A. Abdul. (2019). Implementasi Kebijakan Diskresi Pada Pelayanan Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Makassar: Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada.
(1). 1388-1394.
Firdaus, F. F., & Dewi, A. (2015). Evaluasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit), 4(2).
Putri, B. S., & Kartika, L. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan bpjs kesehatan terhadap kepuasan pengguna perspektif dokter rumah sakit hermina bogor. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(1), 1-12. Frida, E. M., & Putri, H. (2019). Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal ISO 690Darma Agung Husada, 6(2), 117-123.
Imelda, S., & Nahrisah, E. (2015). Analisis tingkat mutu pelayanan rawat inap dalam upaya peningkatan kepuasan pasien di RSUP Adam Malik Medan (studi perbandingan antara pasien umum dan pasien BPJS). INFORMATIKA, 3(3), 157-168.
Harahap, E. M. (2019). Hubungan Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Sundari Medan. Journal of Nursing Update, 1(1), 06-10.
Tias, Y. A. (2018). Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna BPJS Kesehatan Pada RSU Siti Hajar Medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(2), 33-41.
Frida, E. M., & Putri, H. (2019). Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal Darma Agung Husada, 6(2), 117-123.