Analisis pelayanan pelaksanaan BPJS masyarakat di Kota Medan

Main Article Content

Aulia Febrina
Nur Rizky Arini Lubis
Ranti Arsita
Fitriani Pramita Gurning

Abstract

Salah satu kebijakan kesehatan dari pemerintah adalah Jaminan Kesehatan Nasional dimana ini bertujuan agar masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan yang merata dengan sistem premi seperti pada asuransi kesehatan lainnya. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) atau BPJS-Kesehatan sudah menjamin pelayanan kesehatan dengan sistem yaitu premi yang sesuai dengan dengan pelaksanaannya di puskesmas dan klinik yang tergolong kedalam fasilitas kesehatan tingkat pertama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesesuain pelaksanaan pelayanan BPJS pada masyarakat di Kota Medan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Mayoritas fasilitas yang didapat kan pasien pada saat mereka dirawat sudah 67,7% sesuai dengan iuran mereka dan 32,3% hampir sesuai dan pelayanan yang didapat pasien hampir mendekati sempurna yang dimana 77,4% sesuai dengan kelas kepemilikan kartu BPJS mereka.

Article Details

How to Cite
Febrina, A. ., Arini Lubis, N. R. ., Arsita, R. ., & Pramita Gurning, F. . (2022). Analisis pelayanan pelaksanaan BPJS masyarakat di Kota Medan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(6), 439–444. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i6.376
Section
Articles