Kualitas layanan dengan kepuasan pengunjung pada Galeri Nasional Indonesia di masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai kualitas layanan ditinjau dari lima dimensi kualitas jasa tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy pada pameran tetap koleksi Galeri Nasional Indonesia dengan kepuasan pengunjung di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kualitas layanan ditinjau dari dimensi bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan (empathy) dengan kepuasan penggunjung di Galeri Nasional Indonesia. Responden dalam penelitian ini berjumlah 98 orang dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik random sampling yang dilakukan di Galeri Nasional Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan ditinjau dari dimensi bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), maupun empati (emphaty) dengan kepuasan pengunjung pada Galeri Nasional Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas layanan ditinjau dari dimensi tangible. Reliability, responsivness dan empathy dengan kepuasan pengunjung di masa pandemi covid-19
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Atadjati, A. (2008). Layanan prima dalam praktik saat ini. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Jakarta: PT Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Dokhi, M., Siagian, T. H., Sukim, Wulansari, I. Y., Hadi, D. W., & Sambodo, N. (2016). Analisis kearifan lokal ditinjau dari keragaman budaya. Jakarta: PDSPK Kemdikbud RI.
Haryanto, E. (2013). Kualitas layanan, fasilitas dan harga pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna jasa layanan pada Kantor Samsat Manado. Jurnal EMBA, 750–760.
Komarasari, R. R. (2018). Kualitas layanan informasi koleksi Museum Pos Indonesia dalam memenuhi kebutuhan informasi pengunjung [Thesis]. Jatinangor: Universitas Padjadjaran.
Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2007). Analisis korelasi, regresi, dan jalur. Bandung: Pustaka Setia.
Mulyawan, R. (2016). Birokrasi dan pelayanan publik. Bandung: Unpad Press.
Sekaran, U. (2003). Research methods for business: A skill-building approach. New York, NY: John Wiley & Sons, Inc.
Setiawan, M. B., & Ukudi. (2007). Pengaruh kualitas layanan, kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas nasabah (Studi pada PD. BPR Bank Pasar Kendali). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 215–227.
Sinollah, & Masruro. (2019). Pengukuran kualitas pelayanan (Servqual - Parasuraman) dalam membentuk kepuasan pelanggan sehingga tercipta loyalitas pelanggan (Studi kasus pada Toko Mayang Collection Cabang Kepanjen). Jurnal Dialektika, 4(1), 45–64.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyowati, W. (2018). Kualitas layanan: Teori dan aplikasinya. Sidoarjo: Umsida Press.
Suvany. (2019). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Renjiro Sushi House Multatuli Medan [Thesis]. Medan: Universitas Sumatra Utama.
Wiratno, D. H. (1998). Pengukuran tingkat kepuasan konsumen dengan Servqual. Wahana, 1(1), 1–15.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Prijana, Y., Winoto, Y., & Yanto, A. (2016). Metode penelitian kuantitatif ilmu informasi dan perpustakaan. Bandung: Unpad Press.