Pemberdayaan perempuan melalui program bank sampah mawar lima (Program Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Wayame)

Main Article Content

Khairunnisa Diltha
Khansa Nur Husna
Ahmad Tarmizi

Abstract

Program Bank Sampah Mawar Lima merupakan program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk melakukan pengelolaan lingkungan sekaligus memberdayakan para perempuan di Desa Wayame. Program ini diinisiasikan oleh PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Wayame, sesuai dengan komitmen untuk melakukan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) pada wilayah operasi ring I perusahaan. Program ini dianalisis menggunakan konsep pemberdayaan perempuan yang dikembangkan oleh Sara Longwe. Analisis Longwe memiliki lima kriteria analisis yang meliputi: kesejahteraan, akses, kesadaran kritis, partisipasi, dan kontrol. Setiap kriteria tersebut dianalisis pada seluruh tahapan Program Bank Sampah Mawar Lima. Hasil dari program ini adalah adanya keterlibatan perempuan pada seluruh proses tahapan bank sampah. Hadirnya bank sampah juga turut memberikan dampak yang signifikan terhadap kemandirian perempuan dalam meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan bersama.

Article Details

How to Cite
Diltha, K. ., Husna, K. N. ., & Tarmizi, A. . (2022). Pemberdayaan perempuan melalui program bank sampah mawar lima (Program Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Wayame). Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 552–559. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i7.399
Section
Articles