Layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (SP4N-LAPOR) pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar

Main Article Content

Sinta Yulia
Agus Rusmana
Encang Saefudin

Abstract

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Sp4n-Lapor!) merupakan layanan yang dibentuk oleh pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik dan mempermudah masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan secara online. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan gambaran mengenai faktor-faktor atau komponen yang menyebabkan adanya keterlambatan pada Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Sp4n-Lapor!) pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Referensi teori yang digunakan yaitu mengenai manajemen layanan. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan temuan baru terkait faktor sebenarnya yang menyebabkan adanya keterlambatan diantaranya yaitu, ketiadaan SOP, kurangnya kerjasama antara super admin dan admin penghubung, dan akses website Sp4n-Lapor! yang lambat.

Article Details

How to Cite
Yulia, S. ., Rusmana, A. ., & Saefudin, E. . (2022). Layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (SP4N-LAPOR) pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 674–683. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i8.440
Section
Articles