Peran konselor bimbingan konseling dalam pembinaan perilaku keberagamaan untuk meningkatkan akhlak siswa di SMA Al Ma’some Kabupaten Sumedang

Main Article Content

Ayep Mulya Barkah

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan dituntut hadir sebagai garda terdepan dengan melibatkan segenap elemen sekolah untuk berperan, termasuk Konselor Bimbingan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembinaan perilaku keberagamaan, peran Konselor BK dalam pembinaan perilaku keberagamaan, dan dampak pembinaan perilaku keberagamaan siswa di SMA Al Ma’soem Kabupaten Sumedang. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Secara umum, hasil penelitian disimpulkan bahwa SMA Al Ma’soem telah melaksanakan pembinaan perilaku keberagamaan dengan baik. Secara khusus hasil penelitian disimpulkan bahwa pembinaan perilaku keberagamaan siswa menggunakan model organik diejawantahkan melalui KPAM dengan beragam rutinitas dan kegiatan bercorak Islami, konselor BK berperan secara langsung dan tidak langsung dalam pembinaan perilaku keberagamaan melalui tugas, fungsi dan kewenangan yang dimilikinya, dan pembinaan perilaku keberagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa SMA Al Ma’soem yang melibatkan berbagai elemen di lingkungan sekolah, cenderung berdampak positif bagi perkembangan karakter, sikap dan perilaku siswa. Siswa-siswa SMA Al Ma’soem tumbuh dengan akidah yang kuat, akhlak dan muamalah yang baik.

Article Details

How to Cite
Barkah, A. M. . (2022). Peran konselor bimbingan konseling dalam pembinaan perilaku keberagamaan untuk meningkatkan akhlak siswa di SMA Al Ma’some Kabupaten Sumedang . Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 729–739. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i8.443
Section
Articles