Peran konselor bimbingan konseling dalam pembinaan perilaku keberagamaan untuk meningkatkan akhlak siswa di SMA Al Ma’some Kabupaten Sumedang
Main Article Content
Abstract
Sekolah sebagai lembaga pendidikan dituntut hadir sebagai garda terdepan dengan melibatkan segenap elemen sekolah untuk berperan, termasuk Konselor Bimbingan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembinaan perilaku keberagamaan, peran Konselor BK dalam pembinaan perilaku keberagamaan, dan dampak pembinaan perilaku keberagamaan siswa di SMA Al Ma’soem Kabupaten Sumedang. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Secara umum, hasil penelitian disimpulkan bahwa SMA Al Ma’soem telah melaksanakan pembinaan perilaku keberagamaan dengan baik. Secara khusus hasil penelitian disimpulkan bahwa pembinaan perilaku keberagamaan siswa menggunakan model organik diejawantahkan melalui KPAM dengan beragam rutinitas dan kegiatan bercorak Islami, konselor BK berperan secara langsung dan tidak langsung dalam pembinaan perilaku keberagamaan melalui tugas, fungsi dan kewenangan yang dimilikinya, dan pembinaan perilaku keberagamaan dalam meningkatkan akhlak siswa SMA Al Ma’soem yang melibatkan berbagai elemen di lingkungan sekolah, cenderung berdampak positif bagi perkembangan karakter, sikap dan perilaku siswa. Siswa-siswa SMA Al Ma’soem tumbuh dengan akidah yang kuat, akhlak dan muamalah yang baik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Ahmad. (1997). Musnad Ahmad: Lidwa Pustaka i-software-kitab 9 Imam.
Al-Ghazali, I. (2003). Kitabul Arba’in fii Ushuluddiin. Surabaya: Ampel Mulia.
Dahlan, M. J., & Juntika. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Teori Bimbingan dan Konseling.
Bandung: Pedagogiana Press.
Depdiknas. (2006). Tambu-rambu Penyelnggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Formal.
Jakarta: Depdiknas.
Effendi, U. (2021). Sosiologi Suatu Konsep Dasar. Banyumas: Wawasan Ilmu. Goleman, D. (2003). Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Istiwidayati & Sodjarwo, Trans.). Jakarta: Erlangga.
Ismanto, H. S. (2013). Meningkatkan Kinerja Konselor Dalam Pelaksanaan Pelayanan Profesional BK Di Sekolah. Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan 2013.
Kia, & Ras. (2020). Nekat Pesta Miras dan Seks di Bulan Ramadan, Empat Remaja di Jatinangor Hampir Jadi Bulan-Bulanan Warga. Notif.id. Retrieved December 25, 2020, from https://notif.id/2020/14223/news/regional/nekat-pesta-miras-dan-seks-di-bulan-ramadan-empat- remaja-di-jatinangor-hampir-jadi-bulan-bulanan-warga/
Krisnani, H., & Ichsan, A. P. (2018). Pengendalian Sosial Masyarakat Dalam Pencegahan Dan Penanganan Perilaku Seks Bebas Pada Remaja Akhir Di Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Share : Social Work Journal, 8(1), 24. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/share/article/view/16144
Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. Najati, M. U. (2002). Psikologi Nabi. Bandung: Pustaka Hidayah.
Pasaribu, I. L., & Simanjuntak, B. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito. Purwanto, M. N. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Qutb, M. (1993). Sistem Pendidikan Islam. (S. Harun, Tran.). Bandung: Al-Maarif.
Rahim, H. (2001). Arah Baru Pendidikan Islam Di Indonesia. Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu. Sumarsono, T. (2006). Kesederhanaan Membuahkan Kemandirian: Biografi H. Masoem. Sumedang:
Yayasan Pendidikan Al Ma’soem.
Suzanthi, Y., & dkk. (2016). Setahun Bersama Al-Ma’soem 2014-2015. Sumedang: Yayasan Pendidikan Al Ma’soem.
Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Tobroni. (2008). Pendidikan Islam. Malang: UMM Press.
Triana, M. M., Komariah, M., & Widianti, E. (2021). Gambaran Kesejahteraan Psikologis pada Remaja yang Terlibat Bullying. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(4), 823–832.
Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ-Kecerdasan spiritual. Bandung: Mizan Pustaka.
Zubaedi, Z. (2012). Isu-isu Baru dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidiokan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zullie, L. L. (2021). Guru BK Harapan dan Kenyataan. TLUTUH SAWO: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Humaniora, 5(4), 1–10.