Nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi pawai obor 1 muharram

Main Article Content

Ridianto Ridianto

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan yaitu, masyarakat sudah mulai melupakan tradisi kearifkan seni budaya nusantara aset budaya indonesia yang berharga merupakan peninggalan dari nenek moyang yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Tetapi keberadaannya kini, semakin terabaikan bahkan terancam hilang akibat pengaruh globalisasi budaya asing. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1. Sejarah tradisi pawai obor 1 Muharram; 2. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi pawai obor 1 Muharra; 3. faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan tradisi pawai obor 1 Muharram. Jenis penelitian ini kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan yaitu menyelidiki mendalam dimana melakukan suatu prosedur penelitian lapangan yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang, perilaku yang dapat diamati dan fenomena yang muncul. Teknik pengumpulan data dengan, observasi, wawancara dan dokumentasi kepada subjek penelitian, yaitu kepala lurah, tokoh agama, tokoh lembaga sosial budaya, kepemudaan masjid, remaja masjid. Hasil penelitian; 1. Sejarah tradisi pawai obor 1 Muharam, sejak tahun 1940 tradisi pawai obor sudah ada hingga pada zaman sekarang ini. tradisi pawai obor merupakan salah satu kekayaan adat istiadat yang sudah menjadi kebiasaan berpuluh tahun yang sudah dilaksanakan dalam kegaiatan Islam meyambut tahun baru Islam 1 Muharram. 2. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi pawai obor 1 Muharram; Aspek aqidah, Aspek ibadah, Aspek akhlak, Aspek sosial. Faktor-faktor pendukung yaitu komitmen yang kuat dari pemerintah kelurahan untuk meningkatkan pengembangan kebudayaan nusantara berwawasan lingkungan Islami terlihat dari visi dan misinya, dari sini bisa disimpulkan bahwa kebudayaan termasuk salah satu sektor yang ingin diunggulkan oleh pemerintah kelurahan dalam meningkatkan nilai-nilai kebudayaan, daya tangkap masyarakat yang positif terhadap pengembangan nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi pawai obor 1 Muharram. Sementara faktor penghambat diantaranya sikap tertutup terhadap perubahan, tingkat pendidikan yang rendah pada masyarakat, tidak adanya kesadaran masyarakat akan indahnya berbagai macam kebudayaan Indonesia, mengganggap bahwa kebudayaan indonesia merupakan kebudayaan kuno yang sudah ketinggalan zaman.

Article Details

How to Cite
Ridianto, R. (2022). Nilai-nilai pendidikan islam dalam tradisi pawai obor 1 muharram. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 746–753. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i8.446
Section
Articles