Manajemen pendidikan agama islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih pada peserta didik

Main Article Content

Ridwan Rahmatuloh

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, masalah dan solusi Manajemen Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih Pada Peserta Didik kelas 10 di MA Darul Ihsan Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, pada aspek perencanaan melibatkan berbagai pihak yakni yayasan, komite, kepala madrasah dan dewan guru. Kedua, pada aspek pelaksanaan terdiri dari tiga kegiatan yakni pendahuluan, inti dan penutup. Ketiga, pada aspek evaluasi ada dua jenis yaitu evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan setiap minggu, tengah semester, akhir semester dan akhir kelulusan. Keempat, masalah yang dihadapi adalah terdiri dari faktor peserta didik yakni tingkat kematangan usia, perbedaan tingkat kemampuan dan kurangnya kemauan atau motivasi untuk menghafal, dari segi pendidik yakni kurangnya kompetensi guru dan faktor lingkungan yakni keluarga dan teman bermain. Kelima, solusi dalam menghadapi masalahnya adalah meningkatkan kompetensi guru, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sesuai dengan usia dan karakter siswa serta mengadakan kerjasama dengan orang tua peserta didik dan guru mengaji di daerah masing-masing.

Article Details

How to Cite
Rahmatuloh, R. . (2022). Manajemen pendidikan agama islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran fiqih pada peserta didik. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 754–761. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i8.447
Section
Articles