Upaya meningkatkan pemahaman siswa pada pendalaman Al-qur’an melalui asbabun-nuzul

Main Article Content

Yusep Ridwan

Abstract

Mempelajari Al-Quran memiliki kesulitan tersendiri dibandingkan dengan mempelajari pelajaran lain, karena Al-Quran merupakan firman Allah yang tidak boleh salah dalam bacaan, tulisan, hafalan dan maknanya. Permasalahan yang sering muncul dalam proses pembelajaran adalah siswa merasa jenuh dengan metode yang biasa digunakan. Hal inilah yang akhirnya memicu sulitnya memahami dan mendalami Al-Quran. Asbabun-nuzul merupakan bagian yang tak terpisahkan dari eksistensi Al-Quran. Mengetahui sebab turunnya ayat Al-Quran menjadi bekal yang baik bagi siswa untuk bisa mendalami Al-Quran dalam hal ini mengetahui sejarah turunnya ayat, memahami maknanya, dan merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara dan tes tertulis kepada responden. Adapun sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dari siswa kelas 5. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana upaya meningkatkan pemahaman siswa pada pendalaman Al-Quran melalui asbabun-nuzul di MI Tarbiyatul Aulad Tarisi Kecamatan Warungkiara Sukabumi, serta untuk mengetahui sejauhmana efektifitas penerapan pendekatan asbabun-nuzul pada pendalaman Al-Quran di sekolah tersebut. Hasil observasi, wawancara dan tes tertulis kepada responden menunjukkan bahwa pemahaman siswa dalam meningkatkan pendalaman Al-Quran melalui asbabun-nuzul di MI Tarbiyatul Aulad Tarisi Kecamatan Warungkiara Sukabumi sangat baik. Adapun penerapan asbabun-nuzul di MI Tarbiyatul Aulad sudah berjalan dengan lancar. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dengan guru tentang penerapan asbabun-nuzul dalam meningkatkan pendalaman Al-Quran mendapatkan hasil dengan prosentase 80,00%. Sedangkan tingkat keberhasilan siswa dalam pemahaman Al-Quran melalui asbabun-nuzul di MI Tarbiyatul Aulad cukup memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes tertulis tentang tingkat keberhasilan siswa dalam meningkatkan pendalaman Al-Quran melalui asbabun-nuzul mendapatkan hasil dengan prosentase sebesar 86,67%. Dengan demikian maka upaya meningkatkan pemahaman siswa pada pendalaman Al-Quran melalui asbabun-nuzul di MI Tarbiyatul Aulad sangat baik, sehingga penerapan asbabun-nuzul dalam pembelajaran Al-Quran di MI Tarbiyatul Aulad dinilai sangat efektif.

Article Details

How to Cite
Ridwan, Y. . (2023). Upaya meningkatkan pemahaman siswa pada pendalaman Al-qur’an melalui asbabun-nuzul. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 762–768. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i10.448
Section
Articles

References

Abdul Halim El-Muhammady. (2001). Pendidikan Islam bagi keluarga Islami. Yogyakarta: PT. LKiS Printing Cemerlang.

Abu Ahmadi, & Widodo, S. (2000). Hafalan surat-surat pendek. Bandung: Rineka.

Al-Buti. (2001). Sejarah perkembangan agama Islam. Bandung: PT. Rosda Karya.

Anwar, R. (2008). Ulum Al-Quran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian satu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan terjemahnya. Surabaya: CV. Jaya Sakti.

Fachri. (2005). Bersahabat dengan Al-Quran. [Online]. Tersedia di http://www.belajarquran.com (Diakses pada 15 Desember 2017).

Muhammad bin Shalih. (2001). Muqaddimah Fi Tafsir. Bandung: Ghanesa.

Muhammad bin Shalih. (2001). Terjemah Asbab An-Nuzul. Bandung: Ghanesa.

Nawawi, H. (1995). Mengantar penelitian. Bandung: Reneka.

Nazir, M. (2005). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Quraish Shihab. (2004). Mukjizat Al-Quran. Bandung: Penerbit Mizan.

R.H. Soenarjo. (2005). Al-Quran Al-Karim. Jakarta: Pustaka Qurani.

Rahmawan, D. (2006). Urgensi mengetahui Asbabun Nuzul. [Online]. Tersedia di http://www.dakwatuna.com (Diakses pada 20 Maret 2005).

Sayyid Hasan. (2003). Mendalami Al-Quran melalui Al-Quran. Surabaya: Tinta Mas.

Shubhi Shalih. (2008). Sejarah Islam dalam konsep Asbabun Nuzul. Surabaya: PT. Jepe Press Media Utama.

Surakhmad. (2002). Pengantar penelitian ilmiah (Dasar metode & teknik). Bandung: Tarsito.