Implementasi metode demomnstrasi pada pembelajaran pengurusan jenazah untuk meningkatkan kecerdasan sikap spiritual peserta didik
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian awal yang dilakukan peneliti pada beberapa sekolah di Kabupaten Garut, masih banyak peserta didik yang kurang memperhatikan pembelajaran tersebut meskipun faidahnya sangat banyak. Hal ini dikarenakan belum optimalnya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, sehingga berdapak negatif terhadap sikap spiritual siswa. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, masalah dan solusi implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran pengurusan jenazah untuk meningkatkan kecerdasan sikap spiritual peserta didik di SMK Kabupaten Garut. Landasan teologis Q. S al-Baqarah ayat 208. Landasan filosofis menggunakan filsafat kontruktivisme, landasan teori implementasi metode demontrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan sumber data kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, pada aspek perencanaan implementasi metode demontrasi di SMK Kabupaten Garut dimulai dari penetapan tujuan, penentuan materi, program, kegiatan dan alat evaluasi yang akan digunakan. Kedua, pada aspek pelaksanaan implementasi metode demontrasi dilakukan secara individu dan kelompok, di aula, guru membimbing,menyampaikan , mempraktikan bersama, faidah dan tatacara pengurusan jenazah. Ketiga, pada aspek evaluasi implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran pengurusan jenazah dilakukan setiap tengah semester, akhir semester atau akhir tahun pelajaran. Evaluasi tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran pengurusan jenazah. Keempat, masalah yang dihadapi dalam implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran pengurusan jenazah adalah keterbatasan sarana dan guru yang membimbing. Kelima, solusi menghadapi masalah tersebut, dengancara membuat lab PAI secara khusus.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Adisusilo Sutarjo, (2014). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Ali, Nizar H., dan Ibi Syatibi, (2009). Manajemen Pendidikan Islam: Ikhtiar Menata Kelembagaan Pendidikan Islam. Bekasi: Pustaka Isfahan.
An-Nahlawi, Abdurrahman, (2004) Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat Jakarta: Gema Insani.
Ardy, Novan. W & Barnawi. (2012). Format Paud. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA
Armai Arief, (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Ciputat Pers
Az-Za’Balawi, Muhammad Sayyid Muhammad pendidikan remaja antara islam dan ilmu jiwa; DR. Muhammad Sayyid Muhammad Az- jakarta: Gema Insani Press 2007
Daradjat, Zakiah, (2005). Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah.Jakarta : Ruhama.
Eko Widoyoko Putro, (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta : Pustaka Pelajar Erwati Aziz, (2003). Prinsip Prinsip Pendidikan Islam. Solo: Tiga Serangkai.
Fadillah Muhammad dan Lilif Mualifatu Khorida, (2013). Pendidikan KarakterAnak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fattah, Nanang, (2008). Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya. Hamid Darmadi, (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.E. Ismail Ahmad Al-Muqaddam (2007)Mengapa Harus Shalat. Jakarja: Amjah
Ispurwanti Dewi, en Mulyasa E, (2003). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2003),
John W. Santrock. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group Khalilurrahman Al Mahfani M., (2008). Berkah Shalat Dhuha. Jakarta: Wahyu Mediya Malayu Hasibuan S.P., (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Martiyono. 2012.Perencanaan Pembelajaran Suatu pendekatan PraktisBerdasarkan KTSP Termasuk Model Tematik. Yogyakarta : AswajaPressind
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman, (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyana Deddy, (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Narimawati, Umi, Sri Dewi Anggadini dan Lina Ismawati, (2010). Penulisan Karya Ilmiah : Panduan Awal menyusun Skripsi dan Tugas Akhir Aplikasi Pada Fakultas Ekonomi UNIKOM. Bekasi: Penerbit Genesis.
Nashih Abdullah Ulwan, (1992). Tarbiyatul Aulad Fil Islam, terj.Jamaludin Mirri, Pendidikan Anak Dalam Islam, Bandung: PT-Rosdakarya.
Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito. Nata Abuddin, (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarata : Logos Wacana Ilmu. Novan Ardi Wiyani, (2013). Manajemen Kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
Prawirosentono Suyadi, (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan.
Yogyakarta: BPFE.
Purwanto Ngalim, (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Rasjid, Sulaiman, (2010). Fiqh Islam, Bandung : Sinar Baru Algensindo
Richard Johnson, (2007). Applied Multivariate Statistical Analysis. Prentice Hall: United States of America
Rohan Abujamin, (1992). Shalat Tiang Agama. Jakarta: Media da’wah Sabri Alisuf M., (1995). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya
Sanusi Achmad, (2009). Kepimpinan Sekarang Dan Masa Depan Dalam Membentuk Budaya Organsiasi Yang Efektif. Bandung: Prospec
Sauri Sofyan, (2018) Pendidikan Karakter Dalam Perspekti f Islam, Bandung Rizqi Press. Subagyo Joko, (2011). Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta Sukmadinata, (2010), Metode penenelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Supriyati, (2011) Metodologi Penelitian,Bandung : Labkat press.
Suwandi dan Basrowi, (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Suwardi, (2007) Manajemen Pembelajaran: Mencipta Guru Kreatif dan Berkompetensi, Surabaya: JP Books.)
Tafsir At-Thabari
Triwiyanto Teguh, (2014) Pengantar Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Usman Husaini, (2010) Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman, Husaini. 2013. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi Keempat. Jakarta Timur: Bumi Aksara
Vygotsky, L.S, (1994). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes.
Cambridge: Harvard University
Waseso Hendri Purbo, (2018) Perencanaan Sistem Pembelajaran, Yogyakarta : Pena Press . Wiyani Ardy, (2012). Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Yani Ahmad, (2014), Mindset Kurikulum 2013, Alfabet, Bandung
Zamri Aidil, (2006). Analisa Teknik Sudut Mata Pisau Terhadap Proses Pencacahan Tandan Kosong Sawit, Jurnal, Politeknik Negeri Padan
Zohar D. dan Marshall, S. (2001). SQ, Memanfaatkan Kecerdasan sikap spiritual Dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung : Mizan
Zulkifli Amsyah, (2003). Manajemen Kearsipan. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.