Kualitas layanan perpustakaan sekolah SMP Ar Rafi Drajat

Main Article Content

Taoumi Hiseki Hermanses
Dian Sinaga
Andri Yanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan pemustaka terhadap aspek Affect of Service, Library as Place dan Information Control Perpustakaan Sekolah SMP AR Rafi Drajat dalam persepsi dan harapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peneltian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah SMP AR Rafi Drajat yang berjumlah 75 siswa. Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah stratified random sampling atau pengambilan sampel acak berstrata dengan sampel yang akan diambil sebanyak 63 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan Perpustakaan Sekolah SMP AR Rafi Drajat secara keseluruhan sangat memuaskan. Dari ketiga dimensi model LibQual+TM yang digunakan, menyatakan bahwa skor nilai yang didapatkan dari dimensi, Affect of Service terdapat Adequancy Gap (AG) yang bernilai positif dengan skor 1,08 dan Superiority Gap (SG) bernilai positif dengan skor sebesar 0.85. Lalu, Library as Place terdapat Adequancy Gap (AG) yang bernilai positif dengan skor 1,05 dan Superiority Gap (SG) bernilai positif dengan skor sebesar 0.78. Terakhir Information Control terdapat Adequancy Gap (AG) yang bernilai positif dengan skor 1,25 dan Superiority Gap (SG) bernilai positif dengan skor sebesar 1,01. Hal ini menunjukan kualitas layanan yang diberikan telah melebihi harapan ideal pemustaka dan di nilai sangat baik karena berada di atas batas nilai toleransi (zone of tolerance).

Article Details

How to Cite
Hermanses, T. H. ., Sinaga, D. ., & Yanto, A. . (2023). Kualitas layanan perpustakaan sekolah SMP Ar Rafi Drajat. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 692–698. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i10.450
Section
Articles

References

Anwar, S., dkk. (2019). Manajemen perpustakaan (Cet. 1). Riau: Indragiri Dot Com.

Arfah, N. (2017). Evaluasi kualitas layanan dengan menggunakan metode LibQual+tm di Perpustakaan Umum Kota Depok [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Bafadal, I. (2011). Pengelolaan perpustakaan sekolah (Ed. 1, Cet. 8). Jakarta: Bumi Aksara.

Berawi, I. (2012). Mengenal lebih dekat perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Iqra’, 6(1), 49–51.

Darmono. (2007). Perpustakaan sekolah: Pendekatan aspek manajemen dan tata kerja. Jakarta: Grasindo.

Efrina, M. (2017). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan, 11(6), 517–518.

Hartono. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah: Menuju perpustakaan modern & profesional (Cet. 1). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasiholan, B. (2016). Tanggapan pengguna tentang kualitas pelayanan perpustakaan [Skripsi, Universitas Padjadjaran]. Jatinangor: Universitas Padjadjaran.

Hendryadi. (2017). Validitas isi: Tahap awal pengembangan kuisioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 2(2), 169–178.

Kurniawan, R. A., dkk. (2020). Implementasi corporate social responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan melalui pembangunan dan pengembangan perpustakaan. Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 284.

Kusumastuti, A., dkk. (2020). Metode penelitian kuantitatif (Cet. 1). Yogyakarta: Budi Utama.

Martono, N. (2012). Metode penelitian kuantitatif: Analisis isi dan analisis data sekunder (Cet. 3). Jakarta: Rajawali Pers.

Nasution, S. (2009). Metode research: Penelitian ilmiah (Cet. 11). Jakarta: Bumi Aksara.

Nugrahini, N. (2016). Manajemen layanan perpustakaan sekolah. SMP Laboratorium UM, 1–17.

Pawit, Y., & Suhendar, Y. (2005). Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah (Cet. 1). Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2014). Metode penelitian kuantitatif: Teori dan aplikasi (Cet. 9). Jakarta: Rajawali Pers.

Rahmah, E. (2018). Akses dan layanan perpustakaan: Teori dan aplikasi (Ed. 1). Jakarta: Prenadamedia Group.

Sinaga, D. (2005). Perpustakaan sekolah: Peranannya dalam proses belajar mengajar (Cet. 1). Jakarta: Kreasi Muda Utama.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. 17). Bandung: Alfabeta.

Sukaesih, & Winoto, Y. (2019). Dasar-dasar pelayanan perpustakaan (Cet. 1). Bumirejo: Intishar Publishing.

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.