Kualitas layanan perpustakaan sekolah SMP Ar Rafi Drajat

Main Article Content

Taoumi Hiseki Hermanses
Dian Sinaga
Andri Yanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan pemustaka terhadap aspek Affect of Service, Library as Place dan Information Control Perpustakaan Sekolah SMP AR Rafi Drajat dalam persepsi dan harapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peneltian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah SMP AR Rafi Drajat yang berjumlah 75 siswa. Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah stratified random sampling atau pengambilan sampel acak berstrata dengan sampel yang akan diambil sebanyak 63 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan Perpustakaan Sekolah SMP AR Rafi Drajat secara keseluruhan sangat memuaskan. Dari ketiga dimensi model LibQual+TM yang digunakan, menyatakan bahwa skor nilai yang didapatkan dari dimensi, Affect of Service terdapat Adequancy Gap (AG) yang bernilai positif dengan skor 1,08 dan Superiority Gap (SG) bernilai positif dengan skor sebesar 0.85. Lalu, Library as Place terdapat Adequancy Gap (AG) yang bernilai positif dengan skor 1,05 dan Superiority Gap (SG) bernilai positif dengan skor sebesar 0.78. Terakhir Information Control terdapat Adequancy Gap (AG) yang bernilai positif dengan skor 1,25 dan Superiority Gap (SG) bernilai positif dengan skor sebesar 1,01. Hal ini menunjukan kualitas layanan yang diberikan telah melebihi harapan ideal pemustaka dan di nilai sangat baik karena berada di atas batas nilai toleransi (zone of tolerance).

Article Details

How to Cite
Hermanses, T. H. ., Sinaga, D. ., & Yanto, A. . (2022). Kualitas layanan perpustakaan sekolah SMP Ar Rafi Drajat. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 692–698. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i8.450
Section
Articles