Pengaruh kompensasi bekerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Bangka Tengah

Main Article Content

Muhammad Yusuf

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kompensasi Bekerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Bangka Tengah”. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa seorang pendidik atau seorang guru diharuskan memiliki kemampuan serta legalitas yang tinggi dalam penguasaan materi agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Karena pada dasarnya kemampuan yang baik dalam penyampaian materi merupakan hal yang seharusnya dimiliki oleh setiap individu seorang pendidik, agar terjadinya interaksi yang baik antara siswa dan guru yang dapat digunakan sebagai tolak ukur dari keberhasilan suatu pembelajaran. Baik itu secara langsung atau tidak langsung tentunya akan sangat mempengaruhi motivasi dan kinerja guru. Metode yang penulis gunakan yaitu metode obeservasi atau pengamatan langsung di lapangan yang didalamnya termasuk kegiatan dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Adapun hasil yang didapatkan dari kegiatan penelitian ini adalah didapatkan nilai indeks motivasi kerja sebesar 3,67, ini berarti guru memiliki motivasi kerja yang tinggi. Pada faktor motivasi kerja ini terlihat bahwa hubungan antar pegawai terjalin baik mendapatkan nilai indeks tertinggi sebesar 3,82. Hal ini berarti dengan kondisi yang nyaman untuk bekerja karena terjalinnya hubungan yang baik diantara guru lebih mampu menumbuhkan motivasi guru dalam bekerja. Sementara nilai indeks terendah yaitu pada pimpinan selalu memberikan dorongan dan semangat untuk bekerja lebih baik, dengan nilai sebesar 3,53.

Article Details

How to Cite
Yusuf, M. . (2022). Pengaruh kompensasi bekerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Bangka Tengah. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 791–795. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i8.457
Section
Articles