Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada materi penyajian data untuk siswa kelas VII SMP melalui pendekatan kontekstual dengan aplikasi flip pdf corporate edition
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi penyajian data dengan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition melalui pendekatan kontekstual yang bersifat valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (Define, Design, Development, Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Development) dikarenakan keterbatasan peneliti. Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 29 Medan dengan jumlah 31 orang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil dari validasi ahli terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 4.4 dengan kategori sangat valid, Bahan Ajar (Modul) sebesar 4.3 dengan kategori sangat valid, dan Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 4.4 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran adalah 3.7 berada dalam kategori sangat praktis, serta hasil respon siswa sebesar 89% respon positif. Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil ketuntasan klasikal siswa dan gain skornya, dengan persentase 93.5% dan 0.60 berada dalam kategori cukup efektif. Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, dan efektif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Akhiruddin., Sujarwo., Atmowardoyo. & Nurhikmah. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
Arif, R. & Hadi, S. (2015). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional Dengan Model Pembelajaran Drill And Practice Kelas X Sma N 1 Bawang. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 544.
Jumasa, M.A. & Surjono, H.D. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran Bahasa Inggris untuk pembelajaran teks recount di MTSN II Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 29.
Jupri, A. (2018). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (303), Lampung, Indonesia: UIN Raden Intan Lampung. Diakses dari https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/2630
Khairinal, K., Suratno, S. & Aftiani, R.Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 460-461.
Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja peserta didik (LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar (284), Jakarta, Indonesia: Universitas Negeri Jakarta. Diakses dari https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10150
Kurniawati, V. & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Inquiry dan Learning Trajectory Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 373.
Prasetyoaji, A., & Widyatmoko, W. F. (2021). Pengembangan Identifikasi Multiple Intelligence (Howard Gardner) Berbasis Aplikasi Android dalam Penentuan Putusan Karir Mahasiswa di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 117-118.
Ramadanti, F., Mutaqin, A. & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2734.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarni, R.A. & Dwitiyanti, N. (2022). Pengembangan E-Modul Kalfis Matlab gerak vertikal menggunakan Flip Pdf Corporate Edition. Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (889- 890), Jakarta, Indonesia: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Diakses dari https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/5824
Susilawati, R.D & Wahyudi. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 53-54.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. U. S. Office of Education, Department of Health, Education, and Welfare.
Utami, K.N. & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 15.
Yahya, R., Ummah, S.K. & Effendi, M.M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini-Project. Supremum Journal of Mathematics Education, 4(1), 83.
Yuberti. (2013). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja.
Yunarto, D.P. (2015). Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar K3LH di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 3(1), 3.
Zebua, D.I. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII di SMP Negeri 1 Moro’o. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains Dan Pembelajarannya, 13(2), 2287.