Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada materi penyajian data untuk siswa kelas VII SMP melalui pendekatan kontekstual dengan aplikasi flip pdf corporate edition

Main Article Content

Jeremy Christy
Marojahan Panjaitan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi penyajian data dengan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition melalui pendekatan kontekstual yang bersifat valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (Define, Design, Development, Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Development) dikarenakan keterbatasan peneliti. Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 29 Medan dengan jumlah 31 orang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil dari validasi ahli terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 4.4 dengan kategori sangat valid, Bahan Ajar (Modul) sebesar 4.3 dengan kategori sangat valid, dan Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 4.4 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran adalah 3.7 berada dalam kategori sangat praktis, serta hasil respon siswa sebesar 89% respon positif. Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil ketuntasan klasikal siswa dan gain skornya, dengan persentase 93.5% dan 0.60 berada dalam kategori cukup efektif. Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, dan efektif.

Article Details

How to Cite
Christy, J. ., & Panjaitan, M. . (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada materi penyajian data untuk siswa kelas VII SMP melalui pendekatan kontekstual dengan aplikasi flip pdf corporate edition. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 796–801. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i8.458
Section
Articles