Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Serbajadi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Mata Pelajaran Matematika

Main Article Content

Irma Amelia Putri
Humuntal Banjarnahor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas siswa kelas VII – 4 SMP Negeri 1 Serbajadi yang berjumlah 32 orang dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual pada materi pokok himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan kreativitas matematis. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan kreativitas mateamtis siswa yang diperoleh setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual, terlihat dari jumlah siswa yang memiliki kemampuan kreativitas minimal pada kriteria baik sebesar 0% pada tes awal dengan nilai rata-rata kelas 41,99 meningkat menjadi 40,63% pada siklus I dengan nilai rata – rata 60,93 dan meningkat menjadi 90,63% pada siklus II dengan nilai rata – rata 91,79. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa pada materi himpunan di kelas VII-4 SMP Negeri 1 Serbajadi.

Article Details

How to Cite
Amelia Putri, I. ., & Banjarnahor, H. . (2023). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Serbajadi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Mata Pelajaran Matematika. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 834–844. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i11.475
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta : Jakarta. Aqib, Zainal . (2016). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).

Bandung : Yrama Widya.

Fathurrohman, Sulistyorini . (2012) . Belajar Dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional . Penerbit Teras : Yogyakarta .

Hadiyanta Nur. (2013) . Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN . Jurnal Kependidikan . 43 (1) : 34.

Harahap Azizah & Adinda Pratiwi. (2012) . Meningkatkan Kreativitas Matematika Siswa Dengan strategi Pembelajaran Inkuiri . Jurnal Tematik Universitas Negeri Medan .10(3) : 152-153.

Hariani, Sri. (2016) . Upaya Meningkatkan Kretivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Air (Auditory, Intellectually, Repetition) Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri Rantauprapat T.P 2014/2015. Jurnal Edu Tech . 2(1) : 97-107.

Helmiati . (2012) . Model Pembelajaran . Aswaja Pressindo : Yogyakarta .

Husamah dan Setyaningrum. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Ismaimuzza Dasa.(2013).Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif.Jurnal Teknologi.63(2): 34.

Laili Husnul. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs Nurul Hakim Kediri Ditinjau dari Segi Gender. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan . 5 (2) : 36.

Masganti., dkk . (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori dan Praktik) . Perdana Publishing : Medan .

Nurdyansyah & Eni Fariyatul . (2016) . Inovasi Model Pembelajaran . Nizamia Learning Center : Sidoarjo .

Nurlaela & Eus Ismayati . (2015) . Strategi Belajar Berpikir kreatif . Penerbit Ombak:Yogyakarta . Sitinjak dermalince. (2014) . Optimalisasi Kemmapuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Penerapan

Strategi Pemecahan Masalah Open – Ended Pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Saintech . 6 (4) : 24.

Supardi . (2015). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif . 2(3)

: 249 – 256.

Sugiyono. (2014). Metodel Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto . (2010) . Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group : Jakarta.

Utaminingsih & Naela . (2019 ). Model dan Panduan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Kearifan Lokal Kudus : Kudus.

Yuslina . (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Teks Eksposisi Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas X IS 3 SMAN 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi . 1 (3) : 290.