Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Serbajadi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Mata Pelajaran Matematika

Main Article Content

Irma Amelia Putri
Humuntal Banjarnahor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas siswa kelas VII – 4 SMP Negeri 1 Serbajadi yang berjumlah 32 orang dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual pada materi pokok himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan kreativitas matematis. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan kreativitas mateamtis siswa yang diperoleh setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual, terlihat dari jumlah siswa yang memiliki kemampuan kreativitas minimal pada kriteria baik sebesar 0% pada tes awal dengan nilai rata-rata kelas 41,99 meningkat menjadi 40,63% pada siklus I dengan nilai rata – rata 60,93 dan meningkat menjadi 90,63% pada siklus II dengan nilai rata – rata 91,79. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa pada materi himpunan di kelas VII-4 SMP Negeri 1 Serbajadi.

Article Details

How to Cite
Amelia Putri, I. ., & Banjarnahor, H. . (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Serbajadi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Mata Pelajaran Matematika. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 834–844. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i9.475
Section
Articles