Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Materi Sistem Koordinat Di Kelas Viii Smp It Darul Hasan Padangsidimpuan

Main Article Content

Nanda Nasiya Siregar
Edi Syahputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana validitas bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi sistem koordinat, mengetahui bagaimana praktisitas bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi sistem koordinat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model Hannafin dan Peck. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 32 orang siswa kelas VIII SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan dengan instrumen penelitian yang berupa lembar validasi RPP, lembar validasi materi dan media bahan ajar interaktif, serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunujukkan bahwa bahan ajar Interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi sistem koordinat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan nilai validitas materi sebesar 4,57 dengan kategori sangat layak dan nilai validitas media sebesar 4,52 dengan kategori sangat layak. Bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi sistem koordinat yang dikembangkang telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui hasil angket guru terhadap bahan ajar interaktif menunjukkan nilai kepraktisan sebesar 4,61 dengan kategori sangat praktis, dan hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar interaktif menunjukkan nilai kepraktisan sebesar 3,79 dengan kategori sangat praktis.

Article Details

How to Cite
Siregar, N. N. ., & Syahputra, E. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Materi Sistem Koordinat Di Kelas Viii Smp It Darul Hasan Padangsidimpuan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 845–850. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i11.477
Section
Articles

References

Adi Pratomo dan Agus Irawan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis WEB Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal Positif, 1(1).

Andriani, P.T.P., Sudatha, I.G.W., Suartama, I.K. (2021). E-Summary Teaching Materials with Hannafin and Peck Models for Training Participants in the Human Resources Development Agency. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 4(3). E-ISSN : 2621-8984. P-ISSN : 2621-4792

Ardiansyah, A. (2018). Penguasaan Konsep Matematika Ditinjau Dari Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1).

As’ari, A.R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., dan Taufik, I. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas

VIII. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bozkurt, Aras., dan Muzgan Bozkaya. Evaluation Criteria for Interactive E-Books for Open and Distance Learning. International Review of Research in Open and Distributed Learning. 16(5). 58-82

Hamalik, Oemar. (2014) Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara

Julia Noviani dan Firmansyah. (2020). The Develompent of Junior High School Mathematics Learning Tools Using Realistic Mathematics Education Approach to Relations and Functions Material. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(2). p-ISSN : 2354-6883. e-ISSN : 2581-172X.

Jonny Simanullang, Darmawijoyo, dan Somakim. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Himpunan Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Majid, A. (2012). Perencanaan Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rodsakarya

Nana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Lakeisha : Klaten.

Nieveen, N. (2007). Formative Evaluation in Educational Design Research an Intoduction to Educational Design Research (Ed). Disampaikan dalam seminar di East China Normal University, Shanghai, 23-26 November 2007

Oktaviana, Destiana. (2020). Penerapan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN 2598- 6422. 4(1). 8-12

Putrawangsa, Susilahudin. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Realistik. Reka Karya Amerta (REKARTA)

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 3(1). ISSN: 2086-2334. e-ISSN: 2477-5622.

Saleh, Haji. 2011. Model bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Mengembangkan Kemahiran Matematika. Jurnal Exacta, 9(1). ISSN : 1412-3617.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung : Alfabeta.