Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Materi Sistem Koordinat Di Kelas Viii Smp It Darul Hasan Padangsidimpuan

Main Article Content

Nanda Nasiya Siregar
Edi Syahputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana validitas bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi sistem koordinat, mengetahui bagaimana praktisitas bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi sistem koordinat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model Hannafin dan Peck. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 32 orang siswa kelas VIII SMP IT Darul Hasan Padangsidimpuan dengan instrumen penelitian yang berupa lembar validasi RPP, lembar validasi materi dan media bahan ajar interaktif, serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunujukkan bahwa bahan ajar Interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi sistem koordinat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan nilai validitas materi sebesar 4,57 dengan kategori sangat layak dan nilai validitas media sebesar 4,52 dengan kategori sangat layak. Bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi sistem koordinat yang dikembangkang telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui hasil angket guru terhadap bahan ajar interaktif menunjukkan nilai kepraktisan sebesar 4,61 dengan kategori sangat praktis, dan hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar interaktif menunjukkan nilai kepraktisan sebesar 3,79 dengan kategori sangat praktis.

Article Details

How to Cite
Siregar, N. N. ., & Syahputra, E. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Materi Sistem Koordinat Di Kelas Viii Smp It Darul Hasan Padangsidimpuan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 845–850. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i9.477
Section
Articles