Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTS lab. IKIP Al-Washliyah Medan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe talking stick
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, dan mengetahui kesulitan yang dialami siswa VIII di MTS Lab. IKIP Al-Washliyah Medan dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTS Lab. IKIP Al-Washliyah Medan. Pemilihan subjek dalam penelitian ini berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes diagnostik, tes kemampuan komunikasi matematis siswa, dan wawancara. Adapun hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di MTS Lab. IKIP Al-Washliyah Medan setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif kooperatif tipe Talking Stick menunjukkan dari 28 siswa diperoleh bahwa 28,57% siswa dengan kategori rendah, 39,28% siswa dengan kategori sedang, dan 32,14% siswa dengan kategori rendah. (2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa kelas VIII MTS Lab. IKIP Al-Washliyah Medan dalam kemampuan komunikasi matematis rendah yaitu mengalami kesulitan konsep, prinsip, dan operasi. Pada siswa berkemampuan komunikasi matematis sedang, siswa mengalami kesulitan fakta, prinsip, dan operasi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Daulay, F. A. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Di Kelas (Doctoral dissertation, UNIMED).
Dewi, I. (2014). “Profil Keakuratan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Perbedaan Jender”. Jurnal Didaktik Matematika. Vol: 01 (02), pp: 01–12.
Izzati, Didi. 2010. Komunikasi matematik Dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.Yogyakarta: UNY
Mardiana, S., & Arapu, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kendari Pada Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 125- 138.
Miles, M. B., A. M. Huberman . (1984). Qualitative Data Analysis : a Sourcebook of New Methods.
California : Sage Publications.
Minarni, A., dkk. (2020). Kemampuan Berfikir Matematis dan Aspek Afektis Siswa. Medan : HC Publisher.
Noviyana, I. N., Nuriana, R. D., & Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika). 2(1), 704-709.
Pane, N. A. (2018). “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas VIII MTs YPKS Padang Sidimpuan”. Jurnal MathEdu. Vol: 1 (3), hal: 78–83
Prasetya, P. N. D. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.
Pratiwi, D. D. (2015). “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender”. Al- Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol: 6 (2), hal: 131–141.
Siregar, N.R., (2017). Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika : Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, ISBN : 978-602-1145-49-4
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.