Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTS lab. IKIP Al-Washliyah Medan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe talking stick

Main Article Content

Dinda Khairunnisa
Asrin Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, dan mengetahui kesulitan yang dialami siswa VIII di MTS Lab. IKIP Al-Washliyah Medan dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTS Lab. IKIP Al-Washliyah Medan. Pemilihan subjek dalam penelitian ini berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode tes diagnostik, tes kemampuan komunikasi matematis siswa, dan wawancara. Adapun hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di MTS Lab. IKIP Al-Washliyah Medan setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif kooperatif tipe Talking Stick menunjukkan dari 28 siswa diperoleh bahwa 28,57% siswa dengan kategori rendah, 39,28% siswa dengan kategori sedang, dan 32,14% siswa dengan kategori rendah. (2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa kelas VIII MTS Lab. IKIP Al-Washliyah Medan dalam kemampuan komunikasi matematis rendah yaitu mengalami kesulitan konsep, prinsip, dan operasi. Pada siswa berkemampuan komunikasi matematis sedang, siswa mengalami kesulitan fakta, prinsip, dan operasi.

Article Details

How to Cite
Khairunnisa, D. ., & Lubis, A. . (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTS lab. IKIP Al-Washliyah Medan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe talking stick . Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 827–833. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i9.481
Section
Articles