Pengaruh model pembelajaran search solve create and share (SSCS) berbantuan geogebra terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas XI SMA negeri 6 Medan

Main Article Content

Samuel Tondang
Izwita Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan representasi matematis siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan dengan menggunakan 1 kelas yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) BerbantuanGeogebra pada materi trigonometri. Sebelum uji hipotesis dilakukan, maka data hasil pretest dan posttest yang sudah didapatkan akan di lakukan uji prasyarat terlebih dahulu. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sesudah uji normalitas dilaksanakan maka didapat jika data berdistribusi normal, pada pretest dan posttest data berdistribusi normal.Pada uji homogenitas dilakukan didapatkan bahwa data hasil pretest dan juga posttest kemampuan representasi matematis peserta didik adalah homogen, maka dari itu peneliti melanjutkan dengan uji hipotesis, yaitu Uji-t. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan data pretest dan posttest kelas eksperimen ini, didapatkan thitung>ttabel atau 10,827>1,689 sehingga H0 ditolak. Diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan didapatkan bahwa kemampuan representasi matematis yang paling tinggi adalah representasi teks tertulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Search Solve Create and Share berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas XI SMA Negeri 6 medan.

Article Details

How to Cite
Tondang, S. ., & Dewi, I. . (2022). Pengaruh model pembelajaran search solve create and share (SSCS) berbantuan geogebra terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas XI SMA negeri 6 Medan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 1025–1032. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i9.483
Section
Articles