Pengaruh model pembelajaran search solve create and share (SSCS) berbantuan geogebra terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas XI SMA negeri 6 Medan

Main Article Content

Samuel Tondang
Izwita Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan representasi matematis siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan dengan menggunakan 1 kelas yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) BerbantuanGeogebra pada materi trigonometri. Sebelum uji hipotesis dilakukan, maka data hasil pretest dan posttest yang sudah didapatkan akan di lakukan uji prasyarat terlebih dahulu. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sesudah uji normalitas dilaksanakan maka didapat jika data berdistribusi normal, pada pretest dan posttest data berdistribusi normal.Pada uji homogenitas dilakukan didapatkan bahwa data hasil pretest dan juga posttest kemampuan representasi matematis peserta didik adalah homogen, maka dari itu peneliti melanjutkan dengan uji hipotesis, yaitu Uji-t. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan data pretest dan posttest kelas eksperimen ini, didapatkan thitung>ttabel atau 10,827>1,689 sehingga H0 ditolak. Diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan didapatkan bahwa kemampuan representasi matematis yang paling tinggi adalah representasi teks tertulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Search Solve Create and Share berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas XI SMA Negeri 6 medan.

Article Details

How to Cite
Tondang, S. ., & Dewi, I. . (2023). Pengaruh model pembelajaran search solve create and share (SSCS) berbantuan geogebra terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas XI SMA negeri 6 Medan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1025–1032. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i12.483
Section
Articles

References

Anggraeni, L.(2018).Pengaruh model pembelajaran search, solve, create and share (sscs) terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas viii pada mata pelajaran ipa di smp negeri 7 pesawaran. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung Press.

Cahyono, A.(2019). Unggul Berkomunikasi. Uwasi Inspirasi Indonesia, Ponorogo.

Eka, Hani. (2022). Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, and share (sscs) terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari tingkat mathematical habits of mind peserta didik smpn 1 jati agung. Jurnal Pendidikan Matematika.

Endro. (2021). Metode pengajaran konvensional sebabkan siswa kurang berfikir kritis. UMY Press.

Yogyakarta

Fahrurrozi, Muh.H.M.(2020). Pengembangan perangkat pembelajaran: tinjauan teoritis dan praktik.

Universitas Hamzanwadi Press, Lombok.

Fitria, N.E. (2015). Implementasi model pembelajaran search, solve, create and share (sscs) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan dampaknya terhadap disposisi matematis siswa sma.Journal Of Mathematics Education, 5(1):26-36.

Germain, Y & McCarthy. (2001). Bringing the nctm standards to life, routledge, Ne York London. Hanum, L.(2017). Perencanaan pembelajaran. Syiah Kuala UniversityPress, Banda Aceh.

Irmawati, D.A.(2018). Media pembelajaran matematika: cara gembira belajar matematika. Pemeral Edukratif, Tulungagung.

Khoe Y.T.(2019). Mahir geometri dan matematika dengan geogebra: pembelajaran geometri, demonstrasi geometri, animasi geometri yang menarik. Andi, Jakarta.

Kholik, M. (2021). Metode pembelajaran konvensional, Pustaka Setia. Bandung

Kristanto, Y.D.(2007). Matematika Langkah Demi langkah untuk sma/ma kelas x. Gramedia, yogyakarta.

Kurniawan, Y.(2019). Inovasi pembelajaran: model dan metode pembelajaran bagi guru. CV Kekata Grup, Surakarta.

Malinda.(2018). PTK guru matematika penerapan metode kooperatif model group investigation (gi) matri pokok eksponen logaritma. Malinda, Yogyakarta.

Markhamah, A.S et al.(2020) Pembelajaran ejaan di sekolah dasar: untuk meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi. Muhammadiah University Press, Surakarta.

Maryaningsih N. & Mistina H.(2018). Bukan kelas biasa: teori dan praktik berbagai model dan metode pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Oase Grup, Surakarta.

Mashuri, S.(2019). Media pembelajaran matematika. CV Budi Utama, Yogyakarta.

Mulyana, Y, Sigit P, et al.(2018).Penerapan model sscs untuk meningkatkan kemampuan membuat model matematis dan kerja sama siswa. Jurnal Unne (225-231).

Nopiyani, D.(2016).Penerapan pembelajaran matematika realistik berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa smp. Jurnal Mosharafa, 5(2):2086 4280.

Nurjannah, Dina. (2017). Pengaruh model pembelajaran search solve create and share (sscs) terhadap kemampuan representasi visual matematis dan habits of mind siswa smp. Jurnal matematika.

Ponidi, N.A.K.(2021). Model pembelajaran inovatif dan efektif. Adap, Indramayu.

Prabawati, Devinta. (2018). Penerapan model pembelajaran search solve create and share (sscs) berbasis realistic mathematics education (rme) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa smp. Jurnal Pendidikan matematika.

Pramuditya, S.A, Wahyyudin, dkk.(2021). Kemampuan komunikasi digital matematis. CV. Media Sains Indonesia.

Putri, T.G, Ani R.(2020).Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran search, solve, create, and share (sscs).Seminar Nasional Pendidikan, (52-59).

Ricinov, V.(2020) Rahasia sukses menguasai matematika sma: kelas 10, 11, 12. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Sanjayawati, E, Martin B.(2018).Penerapan model search-solve-create-shareuntuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis berbantuan software geogebra 4.4. Jurnal Matematika, 5(1): 2579-4647.

Saragih, H.S dan Tondang.S 2014. The improving of problem solving ability and students’ creativity mathematical by using problem based learning in smp negeri 2 siantar. Journal of Education and Practice. Vol5(35).

Setiawan, M.A. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia, Yogyakarta. Simanjuntak, S.D.(2019). Panduan penggunaan geogebra untuk guru sekolah dasar. CV. Jakad

Publishing, Surabaya.

Situmorang, Adi S. 2019. Perbedaan pendekatan pembelajaran berbasis maslah berbantuan software dengan pendekatan open ended berbantuan software terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. medan. Journal of Mathematics Education and Applied. Vol. 01(1): hal. 1-6.

Sriyanto, C.S.(2009). Siap menghadapi ujian nasional sma/ma 2009 matematika program ips.

Grasindo, Medan.

Suardi, M, Tri A, et al. (2018). Belajar dan pembelajaran. Budi Utama, Yogyakarta. Sudjana. (2005). Metode statistika edisi vi. Bandung, Tarsito.

Syaputra (2015). Penerapan model pembelajaran search solve create and share (sscs) berbantuan phet untuk meningkatkan strategi metakognitif dan pemahaman konsep, Jurnal Fisika. 158.

Umbara, U.(2017). Psikologi pembelajaran matematika: melaksanakan pembelajaran matematika berdasarkan tinjauan psikologis. CV. Budi Utama, Yogyakarta.