Rancangan penerapan strategi promosi melalui instagram di perpustakaan (Action Research Tentang Strategi Promosi Perpustakaan melalui Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya)

Main Article Content

Akhy Abdul Latif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuat promosi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya dengan menggunakan sosial media Instagram agar masyarakat memiliki minat untuk berkunjung. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik penelitian tindakan. Hasil dari penelitian ini media sosial Instagram sebagai media promosi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya dengan memperhatikan kualitas isi promosi sebagai daya tarik yaitu optimalisasi produk informasi perpustakaan yang melimpah, mengembangkan produk informasi melalui konten visual, dan kelengkapan informasi yang terkandung dalam promosi yang dilakukan. Isi promosi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya berisi informasi optimalisasi perpustakaan yang melimpah seperti koleksi perpustakaan, program unggulan, sarana prasarana yang terdapat di perpustakaan dan layanan yang tersedia serta jumlah SDM yang terdapat di perpustakaan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah kualitas dari promosi dapat mempengaruhi perhatian dari pemustaka untuk berkunjung. Rancangan promosi ini dapat digunakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya sebagai bentuk promosi di sosial media Instagram..

Article Details

How to Cite
Latif, A. A. . (2023). Rancangan penerapan strategi promosi melalui instagram di perpustakaan (Action Research Tentang Strategi Promosi Perpustakaan melalui Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya). Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 874–890. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i11.489
Section
Articles

References

A’yunin Qurrota, N. A. (2018). Promosi Perpustakaan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Melalui Media Sosial. Libria, 1(1), 48–63.

Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas Website Dan Instagram Sebagai Sarana Promosi Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(4), 451–466. https://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm/article/view/119

Afriani, N., & Yunaldi, Y. (2012). Peranan Promosi Perpustakaan Terhadap Kunjungan Pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Solok. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 9–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/331

Anggraini, J. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Islam Negeri Sumatera Utara Juli Anggraini Program Studi Ilmu Perpustakaan. 1–103.

Asri, T. M., & Megawati, F. (2018). Rancangan Dan Penerapan Promosi Melalui Media Sosial (Instagram) Di Ruang Baca Vokasi. Edulib, 8(2), 156. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i2.9736

Barr, N. C., Lord, B., Flanagan, B., & Carter, R. (2020). Developing a framework to improve information and digital literacy in a bachelor of paramedic science entry-to-practice program. College and Research Libraries, 81(6), 945–980. https://doi.org/10.5860/crl.81.6.945

Beile, P., Choudhury, K., Mulvihill, R., & Wang, M. (2020). Aligning library assessment with institutional priorities: A study of student academic performance and use of five library services. College and Research Libraries, 81(3), 435–458. https://doi.org/10.5860/crl.81.3.435

Bhardwaj, R. K., & Jain, P. K. (2016). Marketing of library resources and services: A structured literature Review. DESIDOC Journal of Library and Information Technology, 36(3), 119–125. https://doi.org/10.14429/djlit.36.3.10027

Binalay, A. (2016). Manfaat Promosi Perpustakaan Pada Mahasiswa Fispol Dalam Meningkatkan Jumlah Pemustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, 5(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12771

Celik, I., Muukkonen, H., & Dogan, S. (2021). A model for understanding new media literacy: Epistemological beliefs and social media use. Library and Information Science Research, 43(4), 101125. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2021.101125

Centola, D. (2010). The spread of behavior in an online social network experiment. Science, 329(5996), 1194–1197. https://doi.org/10.1126/science.1185231

Chen, D.-T. victor, Wu, J., & Wang, Y.-M. (2011). Unpacking New Media Literacy. Journal of Systemics, Cybernetics and Informatics, 9(2), 84–88.

Chikate, R. V., & Patil, S. K. (2008). Citation analysis of theses in library and information science submitted to university of Pune: A pilot study. Library Philosophy and Practice, 2008(DEC.).

Deja, M., Rak, D., & Bell, B. (2021). Digital transformation readiness: perspectives on academia and library outcomes in information literacy. Journal of Academic Librarianship, 47(5), 102403. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102403

Dempsey, L., Malpas, C., & Lavoie, B. (2014). Collection directions: The evolution of library collections and collecting. Portal, 14(3), 393–423. https://doi.org/10.1353/pla.2014.0013

Dermasta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran.

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar the Influence of Product Promotion Through Social Media Instagram Towards Purchasing Decision in Saka Bistro & Bar. Universitas Telkom, 4(1), 175– 179.

Erlistia, E. (2019). Perancangan Desain Web Dan Instagram Undangan Pernikahan “Anytime Wedding

Invitation.” Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 21(1), 46–65. https://doi.org/10.24821/ars.v21i1.2869

Faisal, I. A., & Rohmiyati, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 281–290. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23234

Fitriyani, S., Henriyani, E., & Hidayat, E. S. (2022). Penataan Arsip Berbasis Digital Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Ciamis. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 9(2), 312. https://doi.org/10.25157/dak.v9i2.8576

Guo, X., Li, P., Zhan, K., Wei, W., Tan, Q., Yang, W., & Luo, F. (2018). Data Flow Design for Power Network Planning Software. Energy Procedia, 145, 259–264. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2018.04.048

Hadi, S. Al, & Marlini, M. (2013). Strategi Promosi di Perpustakaan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 396–403. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/2348

Harahap, W. R. (2021). PENERAPAN STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN Wahfiuddin

Rahmad Harahap. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(1), 103–116.

Hariyah, H., & Triyanto, A. (2018). Media Sosial Alat Promosi Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Media Pustakawan, 25(2), 29–38. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/275

Hartono, R., Arifin, R., & Hufron, M. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok Taya. E – Jurnal Riset Manajemen, 9(3), 167–184.

Haryanto, R. A. (2013). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonaldâ€TMS Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1465–1473. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2923

Hendra Poerwanto. (2000). Mengevaluasi Kualitas Layanan Jasa Dengan Menggunakan Model 4D. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), pp.59-67. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/15603

Humaidah. (2017). Pengaruh Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Di Perpustakaan Kementerian Perindustrian RI. Skripsi Ilmu Perpustakaan UIN Syarifhidayatullah, 105.

Ibrahim, A. (2017). Strategi Perpustakaan Terhadap Peningkatan Minat Kunjung Pemustaka Di Perpustakaan Uin Alauddin Makassar. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(2), 207–221. https://doi.org/10.24252/kah.v5i2a8

Indonesia, A. P. J. I. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, June. apji.or.id

Jameson, J., Natal, G., & Napp, J. (2019). Evolving and enduring patterns surrounding student usage and perceptions of academic library reference services. College and Research Libraries, 80(3), 366–385. https://doi.org/10.5860/crl.80.3.366

Jiang, Q., Chen, J., Hou, J., & Liu, Y. (2018). Research on building energy management in HVAC control system for university library. Energy Procedia, 152, 1164–1169. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2018.09.152

Jóźwik, Anna. "Application of Glass Structures in Architectural Shaping of All-Glass Pavilions, Extensions, and Links." Buildings 12.8 (2022): 1254.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. The Action Research Planner. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2

Kim, K. S., Joanna Sin, S. C., & Yoo-Lee, E. Y. (2014). Undergraduates’ use of social media as information sources. College and Research Libraries, 75(4), 442–457. https://doi.org/10.5860/crl.75.4.442

Kotler & Keller. (2017). Principles of Marketing. Principles of Marketing, 0663, 5043.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). A framework for marketing. Sloan Management Review, 32, 94–104.

Kuhlthau, C., & Cole, C. (2012). Third space as an information system and services intervention methodology for engaging the user’s deepest levels of information need. Proceedings of the ASIST Annual Meeting, 49(1), 1–6. https://doi.org/10.1002/meet.14504901074

Kunci, K. (2017). Perancangan Ulang Logo Kawasan Mega Wisata. 4(3), 779–786.

Luthfiyah, F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya.

http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Mafar, F. (2020). Pemanfaatan Instagram Oleh Perpustakaan Ptkin Di Jawa Timur. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 167. https://doi.org/10.14421/fhrs.2020.152.167-180

Maharani, F., Komarudin, Y. T. S., & Suhardini, D. (2014). Pengaruh Promosi Dan Minat Baca Terhadap Kunjungan Pemustaka Ke Perpustakaan SD SALMAN AL FARISI Bandung. Edulibinfo, 1(2).

https://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/view/8949%0Ahttps://ejournal.upi.edu/inde x.php/edulibinfo/article/download/8949/5533

Mayssara A. Abo Hassanin, A. (2018). Bab II Kajian Pustaka Dan Kerangka Pemikiran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2017, 9–29.

Mumek, F., Golung, A. M., & Rogi, S. P. (2021). Peranan Promosi Perpustakaam dalam Meningkatkan Minat Kunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi, 3(2), 1–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/33393

Nashihuddin, W. (2021). Strategi kemas ulang informasi untuk peningkatan pelayanan perpustakaan di era new normal. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 59. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.28767

Nasution, A. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484

Noorika Retno Widuri. (2000). Pemasaran Jasa Informasi Dl Perpustakaan. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 25(3–4), 68–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14203/j.baca.v25i3-4.77

Panuntun, G., & Rachman, M. A. (2019). Bibliobattle sebagai strategi promosi: studi kasus di Perpustakaan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(1), 21. https://doi.org/10.22146/bip.34628

Patil, S. K., & Pradhan, P. (2014). Library Promotion Practices and Marketing of Library Services: A Role of Library Professionals. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 133, 249–254. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.191

Prabowo, A., & Absor, U. (2019). Mediatisasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Yogyakarta Pada Instagram Dalam Promosi Kepada Masyarakat. Journal of Information and Library Studies, 2(2), 171-188 [Online] terdapat di: http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JILS/article/view/722/474 [diakses pada 03 Agustus 2021]

Prinja, S., Nimesh, R., Gupta, A., Bahuguna, P., Thakur, J. S., Gupta, M., & Singh, T. (2016). Impact assessment and cost-effectiveness of m-health application used by community health workers for maternal, newborn and child health care services in rural Uttar Pradesh, India: A study protocol. Global Health Action, 9(1). https://doi.org/10.3402/gha.v9.31473

Priscilia Yunita Wijaya. (1999). Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1(1), 47–54. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16040

Ramadhanti, T. R., & Agus Naryoso, S. S. M. S. (2016). the Phenomenon of Utilization Instagram As a Personal Branding Medium. Interaksi Online, 4(4), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/13656

Revolusi, E. R. A., Sari, E. A., & Malang, U. N. (2019). 9214-24930-1-Pb. 3, 64–73.

Saidah, A. N. I. (2021). Fakultas adab dan humaniora universitas islam negeri sulthan thaha saifuddin jambi 2021. 1–95.

Saleh, A., & Mintasrihardi, M. (2020). Penguatan Fungsi Perpustakaan Daerah Melalui Program Stake Hoalder Meeting Di Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 1(2). https://doi.org/10.31764/jiper.v1i2.1743

Sama, H., Aguslina, A., Yully, Y., Adam, A. I., & ... (2021). Strategi Pemasaran Dan Branding Image Melalui Sosial Media Untuk Cv Barokah Utama. National Conference …, 3, 237–241. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/5941

Saputro, T. Y. A. (2019). Pemanfaatan instagram oleh Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46037

Schwieder, D., & Hinchliffe, L. J. (2018). A multilevel approach for library value assessment. College and Research Libraries, 79(3), 424–436. https://doi.org/10.5860/crl.79.3.424

Setiawan, A. (2016). Pencapaian Sense of Design Dalam. Andharupa, Vol 02(02), 105–115. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/1211

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen pada E-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36.

http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1753/1763

Singgih Miyata dan Ec Eddy Madiono Sutanto, N., Manajemen Bisnis, P., Studi Manajemen, P., & Ekonomi, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Agora, 7(2), 287046.

Subianto, I. B., Anto, P., & Akbar, T. (2018). Perancangan Poster sebagai Media Edukasi Peserta Didik.

Jurnal Desain, 5(03), 215. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2425

Suharso, P., & Pramesti, A. N. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi Di Perpustakaan Universitas Airlangga Library Promotion Through the Instagram: Library Airlangga University. Publication Library and Information Science, 3(2), 66–74. http://journal.umpo.ac.id/index.php/PUBLIS/article/view/2074

Sumitra, F. (2021). Strategi Meningkatkan Persentase Kunjungan pada Layanan Anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung. Literatify : Trends in Library Developments, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.24252/literatify.v2i1.18678

Sundalangi et al. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli

Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 313–324.

Suparti, S., Maria, E., & Permatasari. (2014). Action Research: Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien di Instalasi Bedah Sentral RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Muhammadiyah Journal of Nursing, 1(2), 185–198. https://host-pustaka.umy.ac.id/index.php/ijnp/article/view/659

Soewardikoen, Didit Widiatmoko. Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual–Edisi Revisi. PT Kanisius, 2021.

Thoumrungroje, A. (2014). The Influence of Social Media Intensity and EWOM on Conspicuous Consumption. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148(November 2012), 7–15. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.009

Umami, I. (2018). Moderating influence of curriculum, pedagogy, and assessment practices on learning outcomes in Indonesian secondary education. Journal of Social Studies Education Research, 9(1), 60–75. https://doi.org/10.17499/jsser.37505

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

We Are Social. (2019). Digital 2019 Indonesia. We Are Social - Hootsuite, 77. https://es.slideshare.net/DataReportal/digital-2019-indonesia-january-2019- v01?from_action=save

Yenianti, I. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Di Perpustakaan IAIN Salatiga. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 223–237. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.223-237

Zuhri, M. A. M., & Christiani, L. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Library Based Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo @Koperjas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 21–30. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22899