Pengaruh variasi NAQ terhadap Signal To Noise Ratio (SNR) pada MRI Lumbal Sekuen Sagittal T2-FSE (Speeder) dengan Kasus Low Back Pain (LBP)

Main Article Content

Ilham Ariadi
I Putu Eka Juliantara
Nyoman Supriyani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi NAQ terhadap SNR serta mengetahui nilai variasi NAQ yang optimal untuk mendapatkan SNR baik dengan waktu scanning singkat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan proposal penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variasi nilai NAQ terhadap SNR MRI lumbal sekuen sagittal T2-FSE dengan kasus low back pain (LBP) antara variasi NAQ 2, NAQ 3, dan NAQ 4. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara penggunaan NAQ dengan nilai p value <0,05. Berdasarkan hasil uji mean rank pada informasi citra dapat dilihat bahwa nilai variasi dengan mean tertinggi terdapat pada variasi NAQ 4 pada setiap anatomi. Hasil uji korelasi setiap anatomi menunjukkan korelasi antara NAQ 2 terhadap NAQ 3, NAQ 2 terhadap NAQ 4 hampir semua anatomi menunjukkan p value<0.05 hal ini menyatakan terdapat perbedaan yang bermakna. Dan hasil uji korelasi NAQ 3 terhadap NAQ 4 hal ini menyatakan tidak terdapat perbedaan yang bermakna. Dapat disimpulkan bahwa pemilihan variasi NAQ 3 merupakan nilai terbaik.

Article Details

How to Cite
Ariadi, I. ., Juliantara, I. P. E. ., & Supriyani, N. . (2023). Pengaruh variasi NAQ terhadap Signal To Noise Ratio (SNR) pada MRI Lumbal Sekuen Sagittal T2-FSE (Speeder) dengan Kasus Low Back Pain (LBP). Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1203–1211. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i10.532
Section
Articles