PERBEDAAN INFORMASI CITRA ANATOMI PADA KASUS MIOMA UTERI DENGAN VARIASI WINDOW WIDTH 400 HU, 500 HU, 600 HU DAN 700 HU DI RS. IBNU SINA “YW-UMI”

Main Article Content

Winda Yuliani
Ni Putu Rita Jeniyanthi
Cokorda Istri Arywidiastuti

Abstract

Salah satu masalah kesehatan reproduksi wanita adalah mioma uteri. Mioma uteri merupakan tumor pelvis yang terbanyak pada organ reproduksi pada wanita. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan variasi window width terhadap informasi citra anatomi CT Scan Abdomen pada kasus mioma uteri. Pemeriksaan yang menggunakan CT Scan memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat kelainan atau tidak pada organ tubuh manusia tanpa harus melakukan operasi bedah. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, yaitu peneliti mengambil data yang dengan sengaja memanipulasi satu atau lebih untuk mengetahui pengaruh variasi window width terhadap informasi citra anatomi pemeriksaan CT Scan Abdomen pada kasus mioma uteri. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, di dapatkan hasil uji friedman bahwa ada pengaruh kualitas citra pemeriksaan CT Scan Abdomen pada kasus Mioma Uteri dengan menggunakan variasi window width 400 HU, 500 HU, 600 HU, dan 700 HU. Dari rentang window width hasil penelitian dari uji friedman di dapatkan nilai terbaiknya adalah window width 400 HU yaitu dengan mean rank 3.70. Hasil uji friedman menunjukkan nilai p.value <0.000 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulakan bahwa ada pengaruh variasi window width terhadap kualitas citra anatomi.

Article Details

How to Cite
Yuliani, W. ., Jeniyanthi, N. P. R. ., & Arywidiastuti, C. I. . (2023). PERBEDAAN INFORMASI CITRA ANATOMI PADA KASUS MIOMA UTERI DENGAN VARIASI WINDOW WIDTH 400 HU, 500 HU, 600 HU DAN 700 HU DI RS. IBNU SINA “YW-UMI”. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1104–1113. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i10.540
Section
Articles