Pentingnya Motivasi Dan Pengalaman Mahasiswa Dalam Mengikuti Lomba Mtq Nasional Gebyar Qur'ani Brawijaya

Main Article Content

Herlyza Putri

Abstract

Semakin modern perkembangan sains dan teknologi, kini malah membuat sebagian mahasiswa tidak peduli akan Sot skill dan prestasi. Terutama ketika menempuh dunia perkuliahan. Persoalan yang menjadi penghambat bagi mahasiswa dalam bekarya yaitu karena tidak mencari informasi dan mengetahui wadah dalam menyalurkan karya serta bakat yang dimiliki, padahal peran dan nilai perjuangan mahasiswa sebagai kaum intelektual sudah ada dijelaskan secara sistematis. Hal ini juga terjadi pada mahasiswa disebabkan oleh kurangnya arahan, pengalaman, dan motivasi dari pendidiknya atau yang biasa disebut sebagai dosen. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menumbuhkan growth mindset pada mahasiswa dan pendidik bahwa motivasi dan pengalaman itu sangat penting. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan pengamatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan pengalaman sangat penting baik di dunia kerja terutama di kalangan mahasiswa. Motivasi mahasiwa ditingkatkan karena akan menambah semangat mahasiswa dalam mengikuti perlombaan. Pengalaman juga perlu ditingkatkan agar sumber daya manusia (SDM) dapat dijalankan dengan baik.

Article Details

How to Cite
Putri , H. . (2023). Pentingnya Motivasi Dan Pengalaman Mahasiswa Dalam Mengikuti Lomba Mtq Nasional Gebyar Qur’ani Brawijaya. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 1098–1103. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i2.541
Section
Articles

References

Abdullah, M. M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arnata, W. I., & Surjosepuro, S. 2014. Evaluasi Soft Skills dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1), 1-9.

Djamarah, S.B (2002). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dubrin, A. 2004. Human Relations: Interpersonal, Job Oriented Skill, Eighth Edition. Pearson Prentice Hall.Dubrin, A. 2004. Human Relations: Interpersonal, Job Oriented Skill, Eighth Edition. Pearson Prentice Hall.

Huang, Y. & Chang, S. 2004. Academic and Cocurricular Involvement: Their Relationship and Best Combinations for Student Growth. Journal of College Student Development, 45 (4), 391 – 406.

Leatemia, S. Y. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Kantor Badan Pusat Statistik di Maluku). Jurnal Manis, 2(1), 1–10. Retrieved from https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/manis/article/view/326.

Majid, S., Liming, Z., Tong, S., & Rhaina, S.2012. Importance of Soft Skills for Education and Career Success. Internaional Journal for Cross Discipliny Subjects in Education (IJCDSE), 2 (2), 1036-1042.

Marwansyah dan Mukaram (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pusat Penerbit Administrasi Niaga Politeknik Negeri.

Martoyo, Susilo. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kelima. Yogyakarta: PT. BPFE.

Mc.Clelland, D. C, (1961). Human Motivation, Scott. Illinois: Foresman & Company.

Monks, et. al., (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mulyasa (2007) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosyda Karya.

Netti Tinaprilla. (2007) Jadi Kaya Dengan Berbisnis di Rumah. Jakarta: Elex Media Komputindo. Putra, S. I. & Pratiwi, A. 2005. Sukses dengan Soft Skill. Bandung: Direktorat Pendidikan Institut

Teknologi Bandung.

Purwa Atmaja Prawira (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Rahmawati, N. H. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.

Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(4), 1–15.

Swasto, Bambang. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UB Press. Winardi (2007). Promosi dan Reklame. Bandung: PT Mandar Maju.

Woolfolk, A.E. (1993) Educational Psychology, (4 th ed.). New Jersey: Prentice hall, Inc, Englewood Cliffs