Efektivitas pembelajaran luring dan daring terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa

Main Article Content

Faidatun Ni’mah
Risko Widianto
Wahyudi Wahyudi
Ahmad Gunawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh pembelajaran luring dan daring terhadap efektivitas pencapaian kompetensi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Universitas Pelita Bangsa dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 10 mahasiswa aktif di Univeritas Pelita Bangsa. Jenis penelitian ini adalaha penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dilakukan secara bertahap hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membahas tentang efektifitas pembelajaran luring dan daring pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa. Pembelajaran luring dan daring memiliki pengaruh positif dan negatif pada mahasiswa yang memberikan pengaruh pada pencapaian kompentensi.

Article Details

How to Cite
Ni’mah, F. ., Widianto, R. ., Wahyudi, W., & Gunawan, A. . (2023). Efektivitas pembelajaran luring dan daring terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.55904/nautical.v2i6.543
Section
Articles

References

Kholipah, N., Arisanty, D., & Hastuti, K. P. (2020). Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 7(2).

Launa, L., Tawaang, F., Nurgroho, A. C., & Mudjiyanto, B. (2022). Mahasiswa dan Kuliah Daring.

IKON, 27(1), 30-56.

Marcia, A., & Nurhafizah, N. (2022). Problematika Penerapan Sistem Belajar Daring dan Luring Terhadap Anak pada Masa Pandemi Covid 19 dan New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2610-2618

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma, 9(2), 154-166

Mawaddah, D. I., Ponoharjo, P., & Utami, W. B. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Daring Pada

Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2).

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.

Pratama, A., Cahyaningrum, N., Wulandari, A., & Anggraini, S. Z. (2021). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur di Era Pandemi COVID 19. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(5), 717-730.

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19.

Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49-59.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285-312.

Sari, S. I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring dan Luring di SMP Negeri 3 Pleret. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 145-152.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta. Syarifuddin, S., Basri, H., Ilham, M., & Fauziah, A. F. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring

Mahasiswa Pendidikan Matematika ditengah Pandemi Covid-19. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 1-8.

Tyna Yunita, T. Y., Murti Wijayanti, M., & Agus Dharmanto, A. D. (2020). Pembelajaran perguruan tinggi dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19. Pembelajaran Perguruan Tinggi Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19, 1(1), 31-38.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas perkuliahan daring (online) pada mahasiswa pgsd di saat pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.

Yudhira, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Value, 2(1), 1-10. Yulianti, K., & Utomo, U. (2022). Perbandingan Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2410-2418.