Kegiatan mendongeng oleh Kang Idon dalam menumbuhkan ketertarikan anak-anak pada cerita

Main Article Content

Gilang Yudha Kusuma
Agus Rusmana
Rizki Nurislaminingsih

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai kegiatan mendongeng oleh Kang Idon yang dilakukan di Perpustakaan Hayu Maca Kota Cimahi dalam menumbuhkan ketertarikan anak-anak pada cerita. Berbagai macam tipe, karakter dan gaya belajar anak dapat menimbulkan munculnya masalah dalam proses mendongeng. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mengenai proses kegiatan mendongeng dan nilai-nilai yang ditanamkan serta mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi dalam proses kegiatan mendongeng di Perpustakaan Hayu Maca Kota Cimahi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam upaya menumbuhkan ketertarikan anak-anak pada cerita, proses kegiatan mendongeng yang dilakukan kurang berjalan lancar karena adanya berbagai kendala yang muncul yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman orang-orang tentang pentingya kegiatan mendongeng ini diadakan sehingga Perpustakaan perlu melakukan pendekatan atau sosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Article Details

How to Cite
Kusuma, G. Y., Rusmana, A. ., & Nurislaminingsih, R. . (2023). Kegiatan mendongeng oleh Kang Idon dalam menumbuhkan ketertarikan anak-anak pada cerita. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(5). https://doi.org/10.55904/nautical.v2i5.546
Section
Articles

References

Agus, D. (2008). Mendongeng bareng kak Agus DS, Yuk... Kanisius. Artana, I. ketut. (1997). Mendidik Anak dengan Dongeng. 3–4.

Asfandiyar, A. Y. (2007). Cara Pintar Mendongeng. Mizan.

Bunanta, M. (2005). Buku Dongeng dan Minat Membaca. Pustaka Tangga.

Creswell, J. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.

Pustaka Pelajar.

Devega, E. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kementerian Komunikasi Dan Informatika. https://legaleraindonesia.com/masyarakat-indonesia- malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/

Fleming. (2006). Learning StyleAgain: VARKing Up The Right Tree! New Zeeland., 11. Greene, E. (1996). Storytelling: art and technique. Libraries Unlimited.

Irawati, I. (2005). Agar Anak Asyik Belkajar. Pustaka Inti.

Lexy J. Moleong. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Muktiono, J. D. (2003). Aku Cinta Buku: Menumbuhkan minat baca pada anak. PT Elex Media Komputindo.

Nuryanto, S. (2016). Penggunaan Metode Read Aloud Untuk Mendongeng Pada Anak Usia Dini.

Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1, 42.

Priyono Kusumo. (2011). Terampil Mendongeng. PT. Grasindo.

Purwandari, E. (2007). mengukir prestasi melalui pengenalan diri dan optimalisasi potensi. Kajian Psikologi Belajar, 10.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2012). memahami penelitian Kualitaif. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Sutarno, N. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Sagung Seto.