Peran pemimpin dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Holimombo Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton

Main Article Content

La Manguntara
Aris Cahyadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pemimpin dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Holimombo dan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Holimombo. Tehnik penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, peran pemimpin dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Lurah Holimombo terbagi menjadi tiga yakni peran pencarian alur dimana peran Lurah sudah baik dan sudah berjalan sesuai dengan visi misi, peran penyelaras dimana peran Lurah sudah cukup baik dengan cara memastikan bahwa struktur, sistem, dan proses operasional berjalan dengan baik, dan peran pemberdaya dimana peran Lurah sudah cukup baik dengan memberikan kepercayaan lebih kepada para pegawainya. Sedangkan kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Holimombo terbagi menjadi lima dimensi yakni dimensi berwujud dimana kualitas pelayanannya sudah cukup baik walaupun masih ada beberapa kekurangan, dimensi kehandalan dimana ada beberapa beberapa masyarakat yang masih bingung dengan standar pelayanan yang diberikan, dimensi ketanggapan dimana para pegawai Kelurahan cukup tanggap dan cepat dalam memberikan pelayanan, dimensi jaminan dimana jaminan berupa waktu pelayanan yang diberikan oleh pegawai Kelurahan sudah cukup baik, dan dimensi empati dimana perhatian yang diberikan oleh pegawai Kelurahan kepada masyarakat sudah cukup baik.

Article Details

How to Cite
Manguntara, L. ., & Cahyadi, A. . (2022). Peran pemimpin dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Holimombo Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 1087–1093. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i9.557
Section
Articles