Peran pemimpin dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Holimombo Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton

Main Article Content

La Manguntara
Aris Cahyadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pemimpin dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Holimombo dan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Holimombo. Tehnik penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, peran pemimpin dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Lurah Holimombo terbagi menjadi tiga yakni peran pencarian alur dimana peran Lurah sudah baik dan sudah berjalan sesuai dengan visi misi, peran penyelaras dimana peran Lurah sudah cukup baik dengan cara memastikan bahwa struktur, sistem, dan proses operasional berjalan dengan baik, dan peran pemberdaya dimana peran Lurah sudah cukup baik dengan memberikan kepercayaan lebih kepada para pegawainya. Sedangkan kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Holimombo terbagi menjadi lima dimensi yakni dimensi berwujud dimana kualitas pelayanannya sudah cukup baik walaupun masih ada beberapa kekurangan, dimensi kehandalan dimana ada beberapa beberapa masyarakat yang masih bingung dengan standar pelayanan yang diberikan, dimensi ketanggapan dimana para pegawai Kelurahan cukup tanggap dan cepat dalam memberikan pelayanan, dimensi jaminan dimana jaminan berupa waktu pelayanan yang diberikan oleh pegawai Kelurahan sudah cukup baik, dan dimensi empati dimana perhatian yang diberikan oleh pegawai Kelurahan kepada masyarakat sudah cukup baik.

Article Details

How to Cite
Manguntara, L. ., & Cahyadi, A. . (2023). Peran pemimpin dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Kantor Lurah Holimombo Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 1087–1093. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i1.557
Section
Articles

References

Berry, L. L., Parasuraman, A., & Zeithaml, V. A. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Business.

Bernadine R. W, M.S.W dan Susilo. S, 2006, Kepemimpinan, Dasar - Dasar dan Pengembangannya.

Yogyakarta: CV. Andi offset

Biddle, B.J dan Thomas, E. J. 1966. Role Theory : Concept and Research. NewYork Fahmi, I. 2013. Perilaku Organisasi (Teori, Aplikasi, dan Kasus). Bandung [ID]: Alfabeta. Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media

Horoepoetri, Arimbi, Santosa, A. 2003, Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan.

Jakarta: Walhi

Harbani, Pasolong. 2008. Kepemimpinan Birokrasi, Bandung: CV. Alfabeta.

Kartini Kartono, Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Pemimpin Abnormal Itu?, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 1988.

Kerlinger, Padhazur. 1987. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kojoh, F. F., & Paputungan, R. (2014). Peran Pimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado. Acta Diurna volume III.

Kusuma Wardani, K. A., Dewi Pascarani, N. N., & Supriliyani, N. W. Peranan Kepemimpinan Lurah dalam Pemberdayaan Masyarakat Studi Kasus: Kelurahan Samplangan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Citizen Charter, 1(2), 28610.

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2012. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjeptep Rohendi Rohisi. Jakarta : Universitas Indonesia.

Robbins, S. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Rindengan, M. (2016). Kepemimpinan Lurah dalam Pelayanan Administrasi di Kelurahan Tinoor I Kecamatan Tomohon Utara. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 3(1) 1167.

Siagian. P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Thoha. 2010. Manajemen kepegawaian sipil di Indonesia. Bandung : Fokus Media