Modal sosial, kepemimpinan kewirausahaan dan kinerja UMKM di Pekanbaru : Pengaruh mediasi kemampuan inovasi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan kinerja UKM sektor kuliner dan perhotelan di Pekanbaru dengan melibatkan beberapa faktor lingkungan internal perusahaan untuk membangun strategi bersaing. Variabel yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari modal sosial, kepemimpinan wirausaha, kapabilitas inovasi, dan kinerja. Ini melibatkan 200 UKM yang terdiri dari 167 usaha kuliner dan 33 usaha perhotelan di Kota Pekanbaru di Riau Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan model persamaan struktural (SEM), hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial tidak berpengaruh langsung signifikan terhadap kinerja bisnis UKM kuliner dan perhotelan di Pekanbaru. Namun, modal sosial secara tidak langsung mempengaruhi kinerja UKM melalui kemampuan inovasi. Selain itu, kepemimpinan kewirausahaan, secara langsung dan tidak langsung, mempengaruhi kinerja keuangan dan non-keuangan UKM melalui kemampuan. UKM kuliner dan perhotelan di Pekanbaru harus melakukan pekerjaan dalam hubungan kemitraan dengan dengan tujuan bersama dalam memajukan bisnis UKM. Partisipasi aktif ini membantu UKM memupuk pengetahuan dan informasi terbaru dalam dunia bisnis. Selanjutnya pelaku UKM kuliner dan perhotelan didominasi oleh pengusaha muda. Ini bisa menjadi modal berharga bagi pelaku UKM untuk lebih inovatif dan kreatif dalam strategi perbaikan perusahaan, khususnya dalam menghadapi pandemi COVID-19. Partisipasi aktif ini membantu UKM memupuk pengetahuan dan informasi terbaru dalam dunia bisnis.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Aini, E.K, David., SLC, Al-Musadieq, M., & Handayani, RS (2013). Peran kapabilitas inovasi terhadap kinerja usaha kecil dan menengah. Jurnal Laba, 7(1), 102–12.
BPS. (2020). Statistik Indonesia 2020. Diperoleh dari https://wwww.bps.go.id/
Budiasih, I. G. A. N., & Nyoman, G. A. (2014). Metode Grounded Theory dalam riset kualitatif. Jurnal ilmiah akuntansi dan bisnis, 9(1), 19-27.
Hamali, S. (2014). Pengaruh Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Pada Industri Kecil Pakaian Jadi Kota Bandung. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 4(1).
Hartono, r., & Soegianto, E. (2013). Analisis Pengaruh Modal Sosial dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Kewirausahaan pada PT. Mentar I Esa Cipta. Jakarta: Binus University.
Lateh, M., Hussain, MD, & Abdullah, MA (2018). Pengembangan kewirausahaan sosial dan pengentasan kemiskinan - Tinjauan literatur. Jurnal Bisnis dan Manajemen MAYFEB, 2, 1–11.
Meflinda, A., Mahyarni, M., Indrayani, H., & Wulandari, H. (2018). Pengaruh modal sosial dan berbagi pengetahuan terhadap kinerja dan strategi keberlanjutan usaha kecil menengah. Jurnal Internasional Hukum dan Manajemen,60(4),988–97.
Mgeni, TO (2015). Dampak gaya kepemimpinan kewirausahaan pada kinerja bisnis UKM di Tanzania.Jurnal Kewirausahaan & Manajemen Organisasi, 4(2), 1–9.
Oliveira, J. (2013). Pengaruh modal sosial terhadap kinerja bisnis: analisis dalam konteks jaringan bisnis horizontal. Revista de Administração Mackenzie, 14(3), 209–35.
Ozigi, O. (2018). Modal sosial dan kinerja keuangan usaha kecil dan menengah. Jurnal Penelitian Lanjutan dalam Studi Bisnis dan Manajemen, 10(1), 18-27.
Putri, RA (2018). Gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonal terhadap kepuasan karyawan dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 4(3), 101-106.
Prasetyo, T., & Harjanti, D. (2013). Modal Sosial Pengusaha Mikro dan Kecil Sektor Infromal dan Hubungannya dengan Kinerja Bisnis di Wilayah Jawa Timur. AGORA .
Rajapathirana, RJ, & Hui, Y. (2018). Hubungan antara kemampuan inovasi, jenis inovasi, dan kinerja perusahaan. Jurnal Inovasi & Pengetahuan, 3(1), 44-55.
Renko, M., El Tarabishy, A., Carsrud, AL, & Brännback, M. (2015). Memahami dan mengukur gaya kepemimpinan wirausaha. Jurnal Manajemen Usaha Kecil, 53(1), 54-74.
Saunila, M., Pekkola, S., & Ukko, J. (2014). Hubungan antara kemampuan inovasi dan kinerja: Efek moderasi pengukuran. Jurnal Internasional Produktivitas dan Manajemen Kinerja,63(2), 234–49.
Sugiyanto, EK, & Marka, MM (2017). Modal sosial dan modal manusia sebagai alat untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(2), 36-42.
Tjahjadi, B., Soewarno, N., Astri, E., & Hariyati, H. (2019). Apakah modal intelektual penting dalam hubungan sistem manajemen kinerja-kinerja organisasi? Pengalaman lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal modal intelektual,20(4), 533–54.
Vosta, LN, & Jalilvand, MR (2014). Meneliti pengaruh modal sosial terhadap kewirausahaan perempuan pedesaan: Sebuah studi empiris di Iran. Jurnal Dunia Kewirausahaan, Manajemen dan Pembangunan Berkelanjutan,10(3), 209–27.