Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan Teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan perencanaan karier siswa kelas IX MTS NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus

Main Article Content

Amalina Rosyada
David Ari Setyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pelaksanaan, gambaran, dan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas IX MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif pre-eksperimental dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, perlakuan diberikan sebanyak 4 kali dan subjek diobervasi sebanyak 2 kali (pretest-posttest. Hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok ialah siswa lebih memahami bahwa perencanaan karier sangat membantu mereka dalam mewujudkan karier atau cita-cita mereka dimasa depan, serta melalui pemberian perlakuan ini menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam berkomunikasi. Gambaran perencanaan karier sebelum diberikan perlakuan memiliki rerata 185,33 dan setelah diberikan perlakuan memiliki rerata 226,89. Dari hasil tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok berpengaruh terhadap meningkatnya perencanaan karier siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Article Details

How to Cite
Rosyada, A. ., & Setyawan, D. A. . (2024). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan Teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan perencanaan karier siswa kelas IX MTS NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10). https://doi.org/10.55904/nautical.v2i10.605
Section
Articles

References

Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).

Apriansyah, S. (2014). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Perencanaan Karir. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 78.

Atmaja, Twi Tandar. 2014. “Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir Dengan Penggunaan Media Modul.” Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3 (2): 57.

Darmiati. 2017. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Karir Siwa Smkn 1 Kendari.” Jurnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan Dan Konseling) 1, No. 2.

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167-178.

Ketut, Dewa. 2016. “Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Edisi Revisi.”

Ln, H Syamsu Yusuf. 2016. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Remaja Rosdakarya.

Nengsih, Nengsih. 2019. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa Sma Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.” Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 7 (1).

Nurihsan, Achmad Juntika. 2016. Bimbingan Dan Konseling: Dalam Berbagai Latar Kehidupan.

Refika Aditama.

Prayitno, Erman Amti, And Erman Amti. 2004. “Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling.” Jakarta: Rineka Cipta 3.

Priyatno, Tovik. 2016. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok.” Psikopedagogia 5 (1): 49–56.

Republik Indonesia. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Https://Jdih.Kemenparekraf.Go.Id/Katalog-1016-Produk-Hukum.

Rizekia, Vivi, And Elisabeth Christiana. 2019. “Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 3 Surabaya.” Jurnal Bk Unesa 10 (1): 60–68.

Setyawan, D. A. (2016). 1 Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Smp Kota Semarang. Nusantara Of Research: Jurnal Hasil- Hasil Penelitian Universitas Nusantara Pgri Kediri, 3(2), 78-85.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Cv Alfabeta.