Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan Teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan perencanaan karier siswa kelas IX MTS NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus

Main Article Content

Amalina Rosyada
David Ari Setyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pelaksanaan, gambaran, dan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok pada siswa kelas IX MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif pre-eksperimental dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, perlakuan diberikan sebanyak 4 kali dan subjek diobervasi sebanyak 2 kali (pretest-posttest. Hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok ialah siswa lebih memahami bahwa perencanaan karier sangat membantu mereka dalam mewujudkan karier atau cita-cita mereka dimasa depan, serta melalui pemberian perlakuan ini menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam berkomunikasi. Gambaran perencanaan karier sebelum diberikan perlakuan memiliki rerata 185,33 dan setelah diberikan perlakuan memiliki rerata 226,89. Dari hasil tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok berpengaruh terhadap meningkatnya perencanaan karier siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Article Details

How to Cite
Rosyada, A. ., & Setyawan, D. A. . (2023). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan Teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan perencanaan karier siswa kelas IX MTS NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1330–1337. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i11.605
Section
Articles