Analisis Peran Pandu Di Alur Perairan Pandu Luar Biasa Pelabuhan Tolitoli Di Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah
Main Article Content
Abstract
Sederet masalah tentang pemanduan disebabkan karena tidak maksimalnya kunci penting dari pemanduan yaitu komunikasi antara pelabuhan, pemanduan, dan kapal pandu. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menekankan optimalisasi prosedur pemanduan di Perairan Pandu Luar Biasa Pelabuhan Toli-toli belum dilakukan sesuai standar yang berlaku serta sarana dan prasarana bantu pemanduan belum terpenuhi sesuai standar. Di Perairan Pandu Luar Biasa Pelabuhan Toli-toli berjalan dengan baik dan mendukung keluar-masuk kapal di tengah hambatan/kendala baik yang diakibarkan oleh lingkungan, manusia, material, dan manajemen. Sarana dan prasarana bantu di perairan tersebut terbilang kurang mencukupi dari segi kapal tunda, alat bantu navigasi, dan SDM-nya. Sehingga direkomendasikan agar melakukan study banding ke negara lain yang dinilai memiliki system digital yang mendukung pelabuhan berjalan dengan baik sehingga dapat menjadi rekomendasi sosialisasi dan pengembangan penggunaan optimal pada system digital di Pelabuhan Tolitoli .
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Agus, I., Lassem DA, & Bagus, C. (2020). Kepuasan Pengguna Jasa Sarana Bantu Navigasi Pelayaran. ISSN 2355-472XDOI:
Http://Dx.Doi.Org/10.25292/j.Mtl.V7i2.355Kepuasan Pengguna Jasa Sarana Bantu Navigasi Pelayaran Di Pelabuhan Tanjung Priok97Jurnal ManajemenTransportasi & Logistik , 07(02).
Andrianto, Y., Wicaksono, A., Ruslin Anwar, M., Mahasiswa, A., Sipil, J. T., Teknik, F., & Brawijaya,
U. (2016). Analisis Kinerja Pelayanan Pemanduan Kapal Terhadap Waktu Tunggu (Waiting Time) di Pelabuhan Tanjung Perak.
Bagaskoro, Fausil, Sitorus, J., & Widayat, W. (2019). Analisis Pelatihan Untuk Meningkatkan Dan Memelihara Keahlian Dan Keterampilan Petugas Pandu/Tunda PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). Meteor STIP Marunda, 12(1), 47–55. https://doi.org/10.36101/msm.v12i1.61
Bye, R. J., Holmen, I. M., & Størkersen, K. V. (2021). Safety in marine and maritime operations: Uniting systems and practice. In Safety Science (Vol. 139). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2021.105249
Ernstsen, J., & Nazir, S. (2020). Performance assessment in full-scale simulators – A case of maritime pilotage operations. Safety Science, 129
Fan, S., Zhang, J., Blanco-Davis, E., Yang, Z., & Yan, X. (2020). Maritime accident prevention strategy formulation from a human factor perspective using Bayesian Networks and TOPSIS. Ocean Engineering, 210. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2020.107544
https://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104775
Keputusan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Tolitoli. 2020 Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. KM 126 Tahun 2021.
KM Nomor 24 tahun 2002
Lahtinen, J., Valdez Banda, O. A., Kujala, P., & Hirdaris, S. (2020). Remote piloting in an intelligent fairway – A paradigm for future pilotage. Safety Science,
https://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104889
Lee, T.-C., & Lee, P. T.-W. (2016). Economic Impact Analysis of Port Development.
Limas, C., Setyaningsih, O., Putriani, O., & Fauzi, I. (2022). Konsep Smart Port di Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 23(2), 77–94. https://doi.org/10.25104/transla.v23i2.1847
Lukijanto, Priyatmono, Adi., & Ramli, A. Y (2019) Digitalisasi Sistem Pelayanan Pandu Kapal Menuju Integrated Port Network. Seminar Sains dan Teknologi Kelautan, Gedung CSA Kampus Fakultas Teknik UNHAS Gowa 1 Oktober 2019
Mahdi Wahyulianto, R., & Buntoro, K. (2018). Optimalisasi Pemanduan Kapal dalam Meningkatkan Keamanan Maritim di Selat Malaka dan Selat Singapura Guna Menjaga Kedaulatan Negara.
Melmambessy, E., & Sutanto, A. (2021). Analisis Kinerja Pelayanan Pemanduan Kapal Berdasarkan Waiting Time dan Approach Time di PT. Pelindo IV (PERSERO) Saumlaki. SNTEM, 1, 1428– 1437.
MOU kesepakatan pemanduan PT Pelindo tolitoli dan KSOP kelas IV tolitoli tahun 2021
Muchsin, & Munhsin. (2021). Pemanduan Kapal dalam Teritorial Laut Menurut Perspektif Kedaulatan Indonesia.
PP No 5 tahun 2010 Tentang Keselamatan Kenavigasian
Priyohadi, N., Ardiansyah, R., & Soeadarmanto. (2020). Analisis Faktor-faktor Penghambat Kedatangan Kapal Pelayaran Domestik Terhadap Kinerja Perusahaan Keagenan pada PT. Dian Samudera Line - Surabaya. Jurnal Baruna Horizon , 3(1).
PROTAP pemanduan dan penundaan pelabuhan tolitoli tahun 2020 PP_No_61_2009 KEPELABUHANAN
Rahman, H., Satria, A., Hascaryo Iskandar, B., Soeboer, D. A., Jenderal, D., Laut, P., Ri, K., Fakultas,
S. P., Manusia, E., Pertanian Bogor, I., Program, S. P., Teknologi, S., & Laut, P. (2017). Penentuan Faktor Dominan Penyebab Kecelakaan Kapal Di Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok
Rivai, H., Farapahlefi, A. S., Baharuddin, B., Zulkifli, Z., & Rahimuddin, R. (2019). Analisa Hazard Navigation Map terhadap Resiko Tubrukan Kapal. Jurnal Penelitian Enjiniring, 23(2), 98–103. https://doi.org/10.25042/jpe.112019.01 Teknologi
Uğurlu, Ö., Yıldız, S., Loughney, S., & Wang, J. (2018). Modified Human Factor Analysis And Classification System For Passenger Vessel Accidents (HFACS-PV). Ocean Engineering, 161, 47–61. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2018.04.086
Undang-Undang No 17 Tahun 2009 Tentang Pelayaran Peraturan Kementerian Perhubungan No 57 Tahun 2015 PM Nomor 93 Tahun 2014
Virandika, C., Gita, G., Wahab, S., Anugrah, P., & Palippui, H. (2020). Analisis Keselamatan Dan Kecelakaan Km Lestari Maju Di Perairan Selayar.