Penerapan fitur Q&A untuk meningkatkan interaktivitas users dengan pengelola
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penerapan fitur Q&A untuk meningkatkan interaktivitas users dengan pengelola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penerapan fitur Q&A dengan merancang visual antarmuka dan konten prototype fitur Q&A sebagai bentuk pengembangan Aplikasi Candil yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode Action Research dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, penyebaran angket pengujian prototype, dan studi dokumentasi. Melalui serangkaian tahapan Action Research (diagnosing, action planning, action taking, evaluation, dan reflection), penelitian ini menghasilkan rancangan fitur Q&A pada Aplikasi Candil. Hasil pengujian prototype menunjukkan bahwa rancangan visual antarmuka fitur Q&A sudah baik. Rancangan visual antarmuka fitur Q&A yang dihasilkan meliputi: tata letak, warna dan betuk dari tombol serta desain visual berupa ukuran, bentuk, tipe font dan warna latar. Selain itu, rancangan konten prototype fitur Q&A juga sudah dianggap baik. Rancangan konten fitur Q&A yang dihasilkan meliputi layanan sirkulasi dan layanan referensi yang sudah memenuhi kebutuhan kualitas informasi yang sudah relevan, akurat,dan lengkap.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Adamopoulou, E., & Moussiades, L. (2020). Chatbots: History, technology, and applications. Machine Learning with Applications, 2(July), 100006. https://doi.org/10.1016/j.mlwa.2020.100006
Afrinda, R. A. A., Irawan, B., & Boer, K. M. (2020). Interaktivitas Website Belimbing.Id Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Sistem Pelayanan Masyarakat Di Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat Kota Bontang. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 88–102. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4025
Boer, K. M. (2013). Interaktivitas sebagai Strategi Mediated Communication pada Fans Pages Starbucks Coffee Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 10(2), 113–128. https://doi.org/10.24002/jik.v10i2.348
Davison, R., Martinsons, M.G. and Kock, N. (2004). Principles of Canonical Action Research. Information Systems Journal, 14, 65–86. https://doi.org/ttps://doi.org/10.1111/j.1365- 2575.2004.00162.x
Erwina, W., & Kusnandar. (2016). Design Of Culture Documentation Repository System In Higher Education: Research Action Study Towards Arrangement Of Information Architecture On Culture Documentation Repository System With Digital-Based In Universitas Padjadjaran. Proceedings International Conference on Science Mapping and the Development of Science, 311–318.
Hariyah. (2016). Layanan Referensi Digital Perpustakaan Lembaga Penelitian: Strategi yang dibangun pustakawan. In Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Vol. 23, pp. 31–37).
Madya, S. (2006). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Alfabeta.
Mc leod, R., & Schell, G. (2004). Sistem Informasi Manajemen (Delapan). Bhuana Ilmu Populer. Oktariana, P., & Soemantri, N. P. (2016). Interaktivitas Website di Biro Humas dan Protokol
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. CoverAge, 7(1), 69–81. http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/570%0Ahttp://journal.univpan casila.ac.id/index.php/coverage/article/download/570/342
Pratiwi, I. Y. R., Ikhwan, Y., & Rahman, R. Z. (2022). Rancang Bangun Fitur Chatbot Pada Website Politeknik Masamy Internasional. Software Development, Digital Business Intelligence, and Computer Engineering, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.57203/session.v1i1.2022.22-27
Rahayu, L. (2014). Layanan Perpustakaan. In Pusat Modul (pp. 1–43).
Seoling, L., & Tolle, H. (2022). Analisis dan Perancangan User Experience Aplikasi Konferensi Ilmiah menggunakan Metode User-Centered Design. 6(8).
Shell, A. (2016). Panduan mengenal Desain Grafis. escava.
Stemper, J. A., Bahasa, F., Stemper, J. A., & Butler, J. T. (2001). Pengembangan sebuah Model Layanan Referensi Digital Pengembangan sebuah Model Layanan Referensi Digital. 3, 172–188. Suratmi, I. (2021). Pentingnya membangun komunikasi dalam layanan perpustakaan. UPT
Perpustakaan ISI, 1–11. http://digilib.isi.ac.id/10407/
Williams, F., Ronald E. Rice, & Everett M. Rogers. (1988). Research Method and The New Media.
Free Press.
Yusup, P. M. (2016). Ilmu Informasi, Komunikasi dan Kepustakaan (R. Damayanti (ed.)). PT Bumi Aksara.