Bacaan digital: pengaruh aspek keunggulannya terhadap meningkatnya minat baca mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Media membaca dalam bentuk digital kini hadir berdampingan dengan bacaan nondigital. Terdapat beberapa aspek bacaan digital yang dianggap unggul yang membedakannya dari bacaan konvensional, antara lain, interaktivitas, nonlinearitas, akses cepat ke informasi, dan konvergensi teks, gambar, audio, dan video. Mahasiswa, yang saat ini termasuk dalam kelompok usia “Generasi Z”, identik dengan sebutan digital natives dengan karakteristik akrab dan tumbuh bersama perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aspek interaktivitas, nonlinearitas, akses cepat ke informasi, dan konvergensi media dalam bacaan digital terhadap meningkatnya minat baca pada mahasiswa, serta preferensi mahasiswa pada media bacaan digital. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 173 orang yang merupakan mahasiswa Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Padjadjaran angkatan 2019, 2020, dan 2021. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Pearson Product Moment, uji t, dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis bacaan digital yang paling disukai mahasiswa adalah novel digital, sedangkan tempat membaca yang paling suka digunakan oleh mahasiswa adalah media sosial. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa minat baca mahasiswa dapat meningkat akibat pengaruh dari aspek-aspek bacaan digital, meskipun pengaruhnya rendah.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Asyifa, D. I. (2020). Exploring Indonesian Gen Z Digital Reading Issues. UHAMKA International Conference on ELT and CALL (UICELL), 10–18.
Blatt, H. (2018). Nonlinear Reading: The Orcherd of Syon, Titus and Vespasian, and Lydgate’s Siege of Thebes. In Participatory reading in late-medieval England (pp. 62–101). Manchester University Press.
Dalilan. (2021). Literasi Mahasiswa: Studi Kebiasaan dan Sikap Membaca Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan. Pustakaloka, 13(1), 1–21.
Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Rajagrafindo Persada.
Donal, A. (2015). Students’ Reading Interest (A Case Study at FKIP of the University of Pasir Pengaraian). Journal of English Education, 1(1), 23–32.
Fornaciari, F. (2009). Digital Hypertexts vs. Traditional Books: An Inquiry Into Non-Linearity. In
Theses, Dissertations and Capstones.
Hootsuit, & We Are Social. (2022). Digital 2022: Indonesia. Digital 2022. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Jin, D. Y. (2015). Digital Convergence of Korea’s Webtoons: Transmedia Storytelling. Communication Research and Practice, 1(3), 193–209. https://doi.org/10.1080/22041451.2015.1079150
Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Grant, I., & Kelly, K. (2009). New Media: A Critical Introduction.
Liu, Z. (2005). Reading behavior in the digital environment: Changes in reading behavior over the past ten years. Journal of Documentation, 61(6), 700–712. https://doi.org/10.1108/00220410510632040
Lupton, D. (2016). The Use and Value of Digital Media for Information about Pregnancy and Early Motherhood: A Focus Group Study. BMC Pregnant Childbirth, 16(1), 171. https://doi.org/10.1186/s12884-016-0971-3
Maden, S. (2018). Digital Reading Habits of Pre-Service Turkish Language Teachers. South African Journal of Education, 38(December), 1–12. https://doi.org/10.15700/saje.v38ns2a1641
Mardina, R. (2011). Potensi Digital Natives Dalam Representasi Literasi Informasi Multimedia Berbasis Web Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pustakawan Indonesia, 11(1), 5–14.
OECD. (2021). 21st-Century Readers: Developing Literacy Skills in a Digital World. PISA, OECD Publishing.
Putro, N. H. P. S., & Lee, J. (2017). Reading interest in a digital age. Reading Psychology, 38(8), 778– 807. https://doi.org/10.1080/02702711.2017.1341966
Qi, Y. (2022). Research on the Influence of Media Convergence on the Transformation and Upgrading of the Media Industry. Big Data and Cloud Innovation, 6(1), 16–22. https://doi.org/10.1088/1755- 1315/295/5/052043
Ross, C. S. (2009). Reading Interests. In Encyclopedia of Library and Information Sciences, Third Edition. https://doi.org/10.1081/e-elis3-120043679
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193– 1202.
Sediyaningsih, S. (2018). Konvergensi Media di Era Digital (Eksploitasi Media Komunikasi Dalam Proses Belajar Mengajar di Era Digital). Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 52–
https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.317.2018
Simanowski, R. (2015). Reading Digital Literature. In Reading Moving Letters (pp. 15–28). transcript publishing. https://doi.org/10.14361/9783839411308-001
Sudarsana, U., & Bastiano. (2014). Pembinaan Minat Baca. Universitas Terbuka.
Sugihartati, R., & Prasetyo Y., H. (2017). Minat & Perilaku Gemar Membaca Masyarakat Kota Surabaya di Era Digital. Airlangga University Press.