Peran kecakapan Literasi Informasi Digital Orang Tua pada pembelajaran siswa sekolah dasar di Kabupaten Wonosobo
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta orang tua dalam memenuhi komponen kecakapan literasi informasi digital pada siswa sekolah dasar di era digital saat ini, mengacu pada standar Literasi Informasi menurut International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA) yaitu mengakses Informasi (access), mengevaluasi Informasi (evaluation), dan menggunakan Informasi (use). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam akses informasi digital pada pembelajaran siswa sekolah dasar ditentukan pada usia dan kelas anak. Kepemilikan gadget pada anak, menjadi salah satu alasan yang akhirnya memberikan batas pada pengetahuan orang tua terkait kebutuhan informasi anak. Pada komponen memahami dan evaluasi informasi, peran orang tua didasari pada kedekatan, usia anak, dan pemahaman tentang aplikasi pengawasan digital. Dalam penggunaan infomasi, pada penelitian ini peran orang tua hanya ketika anak mengalami kesulitan dalam menggunakan informasi berbentuk text dan ketika anak kesulitan menggunakan informasi yang harus dipraktekan secara langsung. Sedangkan dalam pemahaman etika penggunaan informasi, orang tua memahami sebatas etika penggunaan informasi yang sederhana saja dan kemudian diajarkan kepada anaknya.