Motif generasi z menggunakan akun twitter @ohmybeautybank sebagai media informasi kecantikan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif serta makna dalam menggunakan @ohmybeautybank sebagai media informasi kecantikan dikalangan generasi z. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi motif Schutz yaitu motif sebab (because of motives) dan motif tujuan (in order to motives). Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari keenam informan yang diwawancarai terdapat empat informan yang memiliki motif sebab (because of motives) dalam menggunakan @ohmybeautybank sebagai media informasi kecantikannya. Sedangkan dua informan lainnya memiliki motif tujuan (in order to motives) dalam menggunakan @ohmybeautybank sebagai media informasi kecantikan mereka. Adapun makna bagi generasi z ketika menggunakan @ohmybeautybank sebagai media informasi kecantikan adalah karena @ohmybeautybank dapat menjadi media informasi kecantikan yang memiliki beragam informasi kecantikan yang informatif, adanya honest review terkait suatu produk kecantikan dari followers @ohmybeautybank lainnya, serta untuk berbagi pengalaman dan opini mereka dalam hal dunia kecantikan.