Hubungan pola asuh otoriter dengan kenakalan remaja pada kelas XI di SMK Telematika Sindangkerta Kabupaten Indramayu
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter dengan kenakalan remaja pada kelas XI di SMK Telematika Sindangkerta Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif analitik. Variabel independen adalah pola asuh otoriter sedangkan variabel dependen adalah kenakalan remaja. Sampel berjumlah 89 responden dengan teknik total populasi. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data meliputi analisis univariat dan analisis bivariat (uji chi square) dengan derajat kepercayaan. Hasil penelitian Siswa-siswi di SMK Telematika Sindangkerta diantaranya berusia 15 tahun, sebagian besar berjenis kelamin perempuan yaitu 57 dan laki-laki sebanyak 32. Tidak ada hubungan antara usia dengan kenakalan remaja (nilai p=0,410). Tidak ada hubungan antara jenis kelamin dengan kenakalan remaja (nilai p=0,410). Ada hubungan antara pola asuh otoriter dengan kenakalan remaja (nilai p= 0,000). Diharapkan Guru pendamping dan tenaga kesehatan mendekatkan diri dengan siswa guna meningkatkan serta mempertahankan kedekatan, menggali informasi tentang peserta didik dan mencari solusi atas kenakalan remaja yang berkaitan dengan perilaku seksual dan melakukan deteksi dini terhadap perilaku seksual mengingat pentingnya masa depan remaja bagi kemajuan negara.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Anjar. (2015). Upaya Penanggulangan Kenakalan Remaja. https://www.wawasanpendidikan.com/2015/02/upaya-penanggulangan-kenakalan-remaja.html
Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., Karyawati, L., & Singaperbangsa Karawang Koresponding, U. (2021). Hanifah Asma Fadhilah, Dewi Siti Aisyah, Lilis Karyawati. Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104.
BPS. (2021). Statistik Kriminal 2021 i.
Cirebon Raya. (2022). Dua Kelompok Pelajar SMK di Indramayu Saling Serang, 1 Orang Luka Bacok. https://www.cirebonraya.com/ciayumajakuning/pr-4375329729/dua-kelompok-pelajar-smk-di- indramayu-saling-serang-1-orang-luka-bacok
Dartiwen, A. M. (2022). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Remaja Dan Perimenopause. https://play.google.com/store/books/details/Buku_Ajar_Asuhan_Kebidanan_Pada_Remaja_Dan_P erimen?id=HJZnEAAAQBAJ&hl=fi&gl=JP
Dian Novita Siswanti. (n.d.). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. https://profesi- unm.com/2021/10/28/faktor-faktor-yang-memengaruhi-pola-asuh-orangtua/
Eliasa, E. I. (2011). Kenakalan Remaja di SMP 6 Klaten. Forum, 5.
Elvandari, Damayanti, A., & Dini. (2014). Hubungan Antara Usia , Jenis Kelamin , Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kenakalan Pada Remaja. Jurnal Program Div Kebidanan, 1–14.
Eva ellya sibagariang. (2010). kesehatan reproduksi wanita.
Fitriyah, L. (2015). Hubungan pola asuh demokratis dengan kenakalan remaja di MA Al-Azhar Serabi Barat Modung Bangkalan. 4(1), 88–100. http://etheses.uin-malang.ac.id/1528/
Jannah, H. (2012). Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek, 1, 257– 258.
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Edukasi Nonformal, 1(2), 147–158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434
Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indo-nesia.
Khamim, & Putro, Z. (2017). APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. 17(1).
Latifa, A. (2015). Digital Repository Universitas Jember. 27.
http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65672/Ainul Latifah- 101810401034.pdf?sequence=1
LM Psikologi UGM. (2020). gaya-asuh-dan-pengaruhnya-pada-perkembangan-anak. https://lm.psikologi.ugm.ac.id/2020/07/gaya-asuh-dan-pengaruhnya-pada-perkembangan-anak/
Ma’soem University. (2021). Teori Perkembangan Remaja: Masa Remaja. https://masoemuniversity.ac.id/berita/teori-perkembangan-remaja-masa-remaja.php
Nursalam. (2017). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan (medika salemba (ed.); 4th ed). Salemba Medika.
Putri, A. A. (2018). Hubungan antara Pola Asuh Otoriter dan Kenakalan Remaja. Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1– 105.
Raehatul Jannah. (2017). 5 Jenis Pola Asuh Beserta Penjelasan Lengkapnya. https://dosenpsikologi.com/jenis-pola-asuh
Riadi, M. (2021). Pola Asuh Orang Tua (Pengertian, Aspek, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi). https://www.kajianpustaka.com/2021/01/pola-asuh-orang-tua.html
Rosyidah, N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Kenakalan Remaja Pada Remaja SMK Yayasan Cengkareng 2. Skripsi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36741/1/Nurlaila Rosyidah-FKIK.pdf
Soekidjo Notoatmodjo. (2018). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Rineke Cipta.
Sumara, D; Humaedi, S; Santoso, M. D. (2017). Kenalakan Remaja dan Penanganannya. Penelitian & PPM, 4(kenkalan remaja), 129–389.
Utari, B. (2021). Hubungan pola asuh permisif dengan kenakalan remaja pada siswa SMKN 3 takengon.