Peran duta baca dalam meningkatkan literasi minat baca pada generasi Z di Jawa Barat

Main Article Content

Shalsa Nurfadillah
Yunus Winoto
Saleha Rodiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran duta baca dalam meningkatkan literasi dan minat baca pada generasi Z di Jawa Barat Generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Duta Baca Jawa Barat berperan untuk meningkatkan literasi minat baca pada generasi Z dengan information exchsnge dan modelling. Kredibilitas Duta Baca Jawa Barat untuk dapat menjalankan perannya sebagai komunikator dengan menggunakan teori dari komunikasi pemasaran yaitu keahlian, dapat dipercaya, sosiabilitas, koorientasi, karisma, dinamisme, keamanan, keterbukaan, sungguh-sungguh, dan ketenangan. Sebelum menjalankan kegiatan tersebut, Sosok Duta Baca Jawa Barat ini menjadi contoh teladan bagi masyarakat dalam hal membaca dan menulis karya yang bermanfaat. Duta Baca Jawa Barat ini selalu mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca generasi Z. Seperti pemilihan Duta Baca Jawa Barat setiap tahunnya, mengadakan safari literasi, mengadakan pameran buku, dan mengadakan goes to school. Duta Baca Jawa Barat dalam menjalankan perannya sebagai komunikator tentunya pasti ada faktor pendukung dan penghambatnya, faktor pendukungnya antara lain: personal branding dari Duta Baca itu sendiri, dukungan dari berbagai relasi, dan lingkungan yang supportive.

Article Details

How to Cite
Nurfadillah, S. ., Winoto, Y. ., & Rodiah, S. . (2023). Peran duta baca dalam meningkatkan literasi minat baca pada generasi Z di Jawa Barat. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i1.675
Section
Articles